comscore

5 Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel agar Kinclong

Rizkie Fauzian - 08 Maret 2022 14:28 WIB
5 Cara Membersihkan Alat Masak <i>Stainless Steel</i> agar Kinclong
Tips membersihkan peralatan masak berbahan stainless steel. Foto: Shutterstock
Jakarta: Membersihkan peralatan masak berbahan stainless steel memang tak sulit. Namun, membersihkan dengan cara yang salah membuat peralatan Anda tampak kusam dan kotor.

Saat memasak, Anda tak menggunakan satu jenis bahan sehingga noda atau kotoran yang menempel pun tak sama. Oleh karena itu, metode pembersihannya juga tak sama.
Noda bekas makanan yang menempel atau penumpukan mungkin membutuhkan usaha yang berbeda. Untuk menjaga permukaan peralatan dapur stainless steel Anda tetap bersih dan berkilau ada beberapa cara.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah untuk membersihkan peralatan stainless steel.

1. Siapkan bahan

5 Cara Membersihkan Alat Masak <i>Stainless Steel</i> agar Kinclong
Saat ini banyak produk pembersih yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda. Namun, jika Anda menginginkan yang aman dan mudah di dapat sebaiknya gunakan bahan alami.

Anda hanya membutuhkan cuka putih, jus lemon, dan air keran. Caranya dengan mengisi botol semprot dengan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama.

Tambahkan juga beberapa tetes jus lemon agar memiliki aroma yang segar. Setelah membuat larutan, siapkan juga minyak zaitun, cairan pencuci piring, dan kain mikrofiber.

Untuk noda yang membandel, seperti minyak yang menempel, Anda mungkin membutuhkan soda kue. Pastikan bahwa yang Anda gunakan aman, dan tidak menggoresnya dengan benda keras.

Jangan gunakan spons cuci piring kawat, bubuk gosok, atau pemutih pada peralatan dapur Anda. Hal tersebut hanya akan merusak lapisan peralatan stainless steel Anda.

2. Bersihkan satu arah

Saat membersihkan peralatan stainless steel, ada satu aturan umum yakni bersihkan searah serat. Misalnya Anda menyemprotkan larutan cuka dan air ke permukaan, lalu bersihkan dengan gerakan satu arah.

Gosok peralatan masak Anda dengan kain mikrofiber satu arah. Membersihkan secara horizontal kemudian vertikal, membuat proses pembersihkan menjadi sulit.

Untuk sisa makanan yang telah mengeras, coba taburkan sedikit baking soda di permukaan, lalu semprot dengan cuka putih. Setelah itu bersihkan dengan kain lembut atau handuk kertas dan bilas dengan air hangat.

3. Gunakan sabun cuci piring

5 Cara Membersihkan Alat Masak <i>Stainless Steel</i> agar Kinclong
Setelah semua kotoran hilang, basahi spons atau kain mikrofiber dengan air dan sabun cuci piring kemudian bersihkan secara menyeluruh ke semua permukaan. Setelah itu, bilas dan lap untuk menghilangkan sisa sabun. 

Langkah ini akan menghilangkan residu asam yang ditinggalkan cuka putih, dan memastikan bahwa cuka tidak berinteraksi buruk dengan logam.

4. Gunakan minyak zaitun

5 Cara Membersihkan Alat Masak <i>Stainless Steel</i> agar Kinclong
Sekarang membersihkan permukaan peralatan masak Anda, untuk menjaganya tetap kinclong tambahkan minyak zaitun.
Minyak zaitun bertindak sebagai lapisan pelindung.

Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan noda dan menutupi goresan sebelumnya. Tambahkan sedikit minyak zaitun pada kain mikrofiber dan lap dengan lembut di seluruh permukaan.

5. Poles

Setelah menggunakan minyak zaitun sebagai pelapis. Anda bisa menggunakan teknik 
atau gerakan melingkar untuk memoles peralatan masak Anda.

Ambil sedikit minyak zaitun pada kain mikrofiber dan gosokkan ke alat, lakukan dengan gerakan melingkar kecil. Alat Anda akan berkilau dalam waktu singkat.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id