Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas

    Rizkie Fauzian - 20 Mei 2019 20:56 WIB
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Lahan yang semakin terbatas membuat orang kian kreatif dalam mendesain rumah. (Foto: Dezeen)
    Jakarta: Lahan yang semakin terbatas membuat orang kian kreatif dalam mendesain rumah. Dengan sentuhan kreativitas, sebuah rumah mungil bisa nyaman dihuni.

    Untuk memberikan Anda inspirasi, kami rangkum lima rumah langsing yang sesuai dengan lahan kecil, dikutip Dezeen.
    1. Rumah Lima Lantai, Seoul
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Rumah berlantai lima yang dirancang oleh arsitek STPMJ ini memiliki teras rata. Hal ini memberikan tampilan yang tak sama dengan hunian lainnya. 

    Berbeda dengan rumah tradisional Korea, sang arsitek mengubah lantai dasar sebagai lahan parkir dan bagian atap dijadikan sebagai teras.

    Hunian ini memiliki bukaan di setiap lantai sehingga memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah. Sementara, bagian jendela dibuat menjorok ke dalam untuk menjaga privasi penghuni.

    2. Rumah untuk penerbit buku, Seoul
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Dengan desain minimalis, rumah berwarna putih ini tampak menonjol di antara hunian lainnya. Terletak di distrik Seogyo-dong, rumah mini ini memiliki ukuran 6x10 meter.

    Firma ThePlus Architects merancang rumah beton tersebut menjadi potongan volumetrik yang dipotong untuk membuat resesi dan atap yang miring.

    Bentuk atap dibuat datar sehingga bisa dijadikan sebagai teras, dan skylight untuk membiarkan cahaya masuk ke gedung sempit.

    3. Rumah Mini, Seoul
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Rumah mini, Guro-dong memiliki bentuk ramping di antara dua hunian besar di distrik Guro, Seoul. Rumah tersebut memiliki luas tiga meter dan panjang 13 meter.

    Dirancang oleh firma arsitek AIN Group, rumah ini dibalut kaca sehingga cahaya mudah masuk ke dalam rumah. Lantai dasar digunakan untuk garasi yang terhubung langsung dengan jalan. Sementara teras dan balkon dirancang di bagian belakang.

    4. Rumah Dongsimwon, Seoul
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Meski di lahan terbatas, hunian yang satu dihuni oleh tiga generasi keluarga. Hunian berbalut bata multipleks ini terletak di atas sebuah kafe di Mok-dong.

    Daerah tersebut memang terkenal dengan bangunan multiguna yang berusia tua. Desain rumah dibuat asimetris yang sesuai dengan karakter daerah setempat.

    Sosu Architects merancang fasad rumah yang dimiringkan untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami. Dindingnya diberi jendela tinggi dan tekstur berlubang.

    5. Rumah Dogok Maximum, Seoul
    Inspirasi Rumah Langsing di Lahan Terbatas
    Hunian yang satu ini dibangun untuk keluarga fotografer. Rumahnya dibuat setinggi lima lantai, namun jika dilihat dari sisi lain terlihat seperti tiga lantai.

    Rumah ini berfungsi ganda sebagai ruang kerja dan juga tempat tinggal. Lantai bawah berisi studio dan ruang tunggu, serta ruang tamu di atas.

    Firma arsitektur Moon Hoon menggunakan sejarah penghuni rumah sebagai mantan peramal untuk merancang pola unik dari fasad dan jendela rumah.




    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id