6 Cara Membuat Dapur Sempit Terlihat Luas

    Rizkie Fauzian - 02 Desember 2020 16:40 WIB
    6 Cara Membuat Dapur Sempit Terlihat Luas
    Tips membuat dapur minimalis tampak luas. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Bagi Anda yang hobi memasak, memiliki dapur sempit akan terasa kurang nyaman karena ruang gerak yang terbatas.

    Menambah luas dapur tentu tidak murah. Anda bisa menyiasati dapur mungil agar tampak lebih luas dengan menciptakan ilusi ruang.

    1. Pilih warna terang

    Untuk menyiasati dapur yang sempit, Anda sebaiknya memilih warna terang seperti putih. Hindari penggunaan warna gelap karena membuat ruangan terkesan lebih sempit.

    2. Minimalisir perabot

    Banyaknya perabot besar membuat tampilan dapur mungil Anda tambah sesak. Anda bisa mengakalinya dengan beralih ke furnitur yang lebih ringkas.
     
    Misalnya, alih-alih menggunakan kitchen sink double, ganti dengan yang tunggal. Pemilihan stove dan cooker hood juga bisa diganti dengan ukuran yang lebih ringkas.

    Kemudian, simpan perabot yang jarang Anda gunakan di dalam lemari. Meminimalisir perabot di atas kitchen set akan membantu tampilan dapur menjadi lebih luas.

    3. Gunakan rak atas

    Gunakan rak bagian atas untuk menyimpan perabotan sehari-hari yang sering Anda gunakan. Anda juga bisa menambah rak terbuka di satu dinding untuk menampung peralatan makan sehari-hari, stoples, dan tempat penyimpanan.
     
    Selain sebagai tempat penyimpanan, rak terbuka juga dapat memberikan tampilan yang indah dan memberikan efek menyegarkan ruangan sehingga tak terasa sesak.

    4. Tambahkan pencahayaan

    Anda bisa menambahkan pencahayaan di lemari atau rak di dapur. Penambahan lampu LED di lemari penyimpanan akan membuat tampilan dapur lebih terang.
     
    Dapur dengan pencahayaan yang baik membuat ruangan terasa lebih besar karena bayangan gelap di sekitar lemari akan mengecilkan ruang secara visual. Sebaliknya, ruangan gelap membuat dapur rumah Anda kelihatan lebih sempit.

    5. Cermin

    Anda bisa menambahkan cermin di dapur. Aplikasikan cermin di kitchen set atau di pintu dapur. Cermin memberikan efek ruangan lebih luas, terutama dari jarak dekat.
     
    Untuk memberikan efek lain, Anda bisa menggunakan kaca berwarna agar pantulannya lebih halus. Selain memberikan efek memperluas, kaca juga bisa dijadikan sebagai interior dapur yang memberikan tampilan lebih menarik.

    6. Kabinet kaca

    Gunakan kabinet berpintu kaca untuk memajang perlengkapan makanan atau minuman yang menarik. Anda juga bisa menggunakan kaca buram agar Anda masih bisa mengintip barang yang disimpan di dalamnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id