5 Warna Kamar Tidur yang Baik Menurut Feng Shui

    Rizkie Fauzian - 12 Oktober 2020 18:16 WIB
    5 Warna Kamar Tidur yang Baik Menurut Feng Shui
    Warna kamar yang baik menurut ilmu feng shui. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Warna menjadi salah satu aspek penting dari rumah. Warna juga menimbulkan sebuah vibrasi yang bagus dan juga menguatkan energi.

    Oleh karena itu, penting menggunakan warna yang tepat di dalam rumah untuk menciptakan keindahan dan kedamaian.

    Prinsip dari feng shui mempunyai tujuan dalam menyeimbangkan aliran Yin dan Yang dan juga aliran Chi.

    Feng shui memiliki prinsip keseimbangan dari lima elemen yang ada pada bumi. Pertama adalah kayu, api, logam, tanah dan air.

    Kelimanya seharusnya berada di dalam keseimbangan warna cat di rumah. Terutama di kamar tidur.

    Dalam feng shui, setiap warna memiliki karakter masing-masing. Setiap warna merupakan perwakilan dari unsur yang ada di alam.

    Sebenarnya semua warna memiliki nilai positif dan negatifnya. Berikut ini warna cat yang baik di kamar tidur menurut feng shui dikutip dari Lamudi.co.id.

    1. Merah

    Merah memberikan hal yang dapat menstimulasi dari suasana dominan. Warna merah ini dapat memperbesar tampilan pada sebuah objek, namun sebaliknya memang akan memperkecil dari ruangan.

    Warna ini sangat baik untuk memberikan sebuah aksen dan baik jika diterapkan di ruang makan, tempat kerja dan paling utama adalah kamar tidur anak. Warna merah akan menghasilkan efek yang hangat dan kaya, namun juga berkesan amarah dan kebencian.

    2. Biru

    Lalu ada warna biru yang cocok juga untuk ruangan tidur atau meditasi. Warna biru sering dikaitkan dengan dengan kedamaian, kesabaran dan spiritualitas.

    Warna ini memiliki unsur air dan mampu menimbulkan efek ketenangan. Beberapa warna biru yang bisa dijadikan pilihan di antaranya adalah biru donker, biru laut, ataupun campuran antara warna biru pekat dan hitam.

    Perpaduan warna tersebut mampu menciptakan kesan tenang, relaks dan imajinatif. Sebenarnya penerapan warna ini bisa dilakukan di mana saja. Jika diterapkan di kamar mandi, kamar mandi akan terkesan lebih segar.

    3. Hijau

    Kemudian warna hijau yang menyimbolkan dari kesuburan dan harmoni, warna hijau untuk mendapatkan ketenangan dan keteduhan.

    Hijau ini juga melambangkan dari optimisme, keseimbangan sehingga baik sebagai warna cat kamar tidur menurut feng shui yang memberikan keteduhan dan kedamaian.

    4. Putih

    Warna putih juga bisa digunakan untuk ruang tidur, putih ini bersih dan segar, namun memang terkesan datar karena tidak bervariasi. Pedoman ini hanyalah untuk pedoman umum Anda dalam menentukan warna feng shui kamar tidur.

    Untuk kesan kreatif dan fokus, warna putih bisa menjadi pilihan. Warna ini merupakan warna netral yang membawa unsur metal. Putih juga sangat cocok untuk warna utama ataupun warna pendamping. Memadukan warna ini juga sangat mudah.

    Untuk memberikan kesan baru, warna ini bisa dipadukan dengan warna merah, ungu, abu-abu ataupun warna lainnya.

    5. Ungu

    Salah satu warna yang baik dalam feng shui adalah warna ungu. Warna ungu mengandung unsur angin. Warna ini memiliki korelasi positif dengan kekayaan, kejayaan, kemakmuran dan sesuatu yang bersifat elegan.

    Untuk mengoptimalkan kesan yang terpancar, warna ungu sangat baik jika dipadukan dengan warna biru. Warna ini dipercaya mampu menurunkan stres dan cocok untuk kamar tidur.

    Kombinasi Warna

    Menerapkan feng shui warna cat kamar tidur tidak hanya fokus pada satu warna saja. Pada prakteknya akan lebih baik jika memadukan beberapa warna sekaligus.

    Misalnya saja penggunaan warna hitam. Warna ini dinilai sebagai warna yang kelam. Banyak korelasi buruk tentangnya. Akan tetapi jika dipadukan dengan warna putih, merah ataupun krem, warna ini mampu menciptakan kesan klasik dan elegan.

    Cat kamar tidur warna abu-abu juga demikian. Jika warna ini hanya berdiri sendiri, justru kesan membosankan yang tercipta. Jika dipadukan dengan warna lain, warna ini mampu menciptakan kesan baru.

    Kesan yang ditimbulkan oleh warna abu-abu adalah ketenangan dan kestabilan. Karena itu warna ini sangat cocok sebagai warna pendamping. Anda bisa memadukan warna ini dengan warna hitam, merah ataupun putih.

    Dalam warna cat kamar tidur menurut feng shui, perpaduan antara setiap elemen warna harus tampak seimbang. Dengan demikian, ruangan akan tampak lebih menarik dan mampu menarik lebih banyak energi positif.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id