comscore

Mengenal Decluttering, Kegiatan Merapikan Rumah Tanpa Ribet

Antara - 18 Januari 2022 10:59 WIB
Mengenal Decluttering, Kegiatan Merapikan Rumah Tanpa Ribet
Tips membersihkan barang-barang di rumah dengan teknik decluttering. Ilustrasi: Shutterstock
Jakarta: Menghabiskan waktu dengan merapikan barang-barang di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menyortit barang-barang di rumah dengan cara decluttering.

Decluttering adalah kegiatan menyortir barang-barang yang dimiliki sehingga Anda bisa menyisihkan benda-benda yang tidak digunakan untuk membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi dan nyaman.

 



Berikut ini beberapa tips praktis yang bisa membantu memulai kegiatan decluttering dikutip dari siaran pers Ikea, Selasa, 18 Januari 2022.

1. Mulai dari satu area terlebih dahulu

Tantangan yang sering ditemui ketika ingin melakukan decluttering adalah bingung harus mulai dari mana. Bahkan situasi ini sering kali mengganggu kesehatan mental penghuni rumah.

Untuk lebih fokus saat melakukan decluttering, Anda bisa memulai dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan, seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur.

Anda bisa menggunakan rak penyimpanan serbaguna seperti Ekenabben yang fungsional dan serbaguna serta cocok digunakan untuk ruangan apapun. Lakukan satu per satu dan secara perlahan.

2. Gunakan metode empat kotak

Untuk melakukan metode ini, Anda harus mempersiapkan empat kotak kosong untuk membantu Anda menyortir barang-barang yang akan disimpan, dibuang, didonasikan, atau diperbaiki.

Anda bisa menggunakan Tjena, kotak penyimpanan dengan tutup yang terbuat dari karton dan memiliki tempat genggaman yang nyaman untuk dipindahkan ke mana saja. Kotak ini akan mempermudah saat menyortir barang-barang.

3. Letakkan satu kotak khusus untuk menyimpan barang tertentu

Setelah melakukan metode empat kotak, ambil satu kotak khusus dan namai kotak itu menjadi “maybe box”. Anda dapat mengisi kotak ini dengan barang-barang yang dianggap sewaktu-waktu bisa diperlukan atau merasa sayang untuk dibuang.

Untuk melakukan kegiatan ini, kamu dapat menggunakan kotak warna warni dan berpola lucu seperti, Upprymd dan Drona dari Ikea untuk membedakan barang-barang sesuai dengan kategorinya.

Letakkan di tempat yang dapat dijangkau, dan jika dalam tiga bulan Anda tidak menggunakan barang dari kotak tersebut, maka itu tandanya untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka.

4. Atur lemari dengan menggunakan organizer

Pakaian, alat masak, aksesori dan sepatu adalah jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan tanpa sadar menumpuk di berbagai sudut rumah. Setelah Anda sudah memilih barang-barang yang diperlukan, ini saatnya untuk mengatur barang-barang tersebut.

Lemari akan sangat berguna untuk menyimpan barang-barang agar terlihat rapi. Selain itu, kotak kecil atau sekat pemisah seperti Skubb, Stuk, dan Rasla dapat membantu Anda untuk menaruh barang-barang kecil di dalam lemari. Selalu ingat untuk mengembalikan barang di tempat semula agar lemari tetap rapi dan terorganisir.

5. Menjadikan decluttering sebagai rutinitas

Untuk mencegah penumpukan barang terulang lagi, ada baiknya kita melakukan decluttering secara konsisten setiap tiga atau enam bulan sekali.

Dengan mengimplementasikan tips yang telah dibagikan, kini merapikan rumah akan menjadi cepat dan tidak melelahkan.

Selain itu rutinitas decluttering akan membantu Anda untuk mencari barang dengan cepat, serta menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, serta higienis.


(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id