comscore

5 Tips Dekorasi Dapur Terbuka di Belakang Rumah

Rizkie Fauzian - 08 Juni 2022 14:50 WIB
5 Tips Dekorasi Dapur Terbuka di Belakang Rumah
Tips dekorasi dapur di belakang rumah. Foto: Shutterstock
Jakarta: Dapur outdoor atau terbuka di belakang rumah bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin suasana baru. Saat ini banyak rumah yang menerapkan konsep dapur terbuka.

Konsep seperti ini memiliki kelebihan, di antaranya membuat dapur mungil terlihat lebih luas. Selain itu, dapur dengan konsep ini juga memiliki sirkulasi udara yang lebih baik tanpa exhaust fan.
Baca juga: Sebelum Renovasi Dapur, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Sebelum membangun dapur dengan konsep terbuka di belakang rumah, ada beberapa hal yang perlu diketahui dilansir The Spruce.  

1. Ketahui tipe dapur 

Menentukan jenis dapur outdoor terbaik untuk rumah akan bergantung pada anggaran, gaya hidup, dan ruang. Pertama, putuskan apakah ingin memiliki dapur yang sepenuhnya fungsional atau sederhana. 

Dari sana, Anda dapat menentukan apa yang penting dan apa yang ingin dihadirkan untuk menunjang kenyamanan. Tentukan pula apakah anggaran yang Anda miliki cukup.

2. Lihat ketersediaan lahan

Jika Anda tinggal di lahan yang luas, lokasi dapur tidak perlu terlalu jauh dari rumah. Ukur seluruh ruang yang tersedia untuk menentukan peralatan dapur seperti apa yang harus diprioritaskan. 

Kemudian mulai memilih peralatan dapur serta lokasi yang nyaman dan aman. Terakhir, pikirkan material yang sesuai dengan eksterior rumah dan dapat diakses dengan mudah. 

3. Atur anggaran 

Hal-hal penting seperti material, peralatan dapur, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangun dapur outdoor memerlukan biaya yang tak sedikit. 

Untuk itu, tentukan anggaran yang lebih tinggi guna mengantisipasi apabila biaya pembangunan membutuhkan lebih banyak uang dari yang diperkirakan. Biaya tambahan mencakup menggunakan jasa desainer, mengatur izin pembangunan, membeli alat, dan menyewa bantuan profesional untuk hal-hal seperti listrik dan pipa ledeng. 

4. Pahami gaya Anda memasak

Tentukan gaya dan metode favorit untuk memasak di luar ruangan. Dapur outdoor dapat mencakup apa saja, dari pemanggang gas atau listrik hingga peralatan lainnya seperti oven atau kompor. 

Jadi, penting memutuskan apakah Anda akan menyiapkan makanan di luar atau di dalam rumah sebelum memasaknya di luar. 
Apabila seluruh persiapan penyajian makanan akan dilakukan di dapur outdoor, Anda perlu menghemat anggaran dan ruang agar bisa menghadirkan meja dapur dan wastafel.

5. Pertimbangkan iklim dan lingkungan 

Jika tinggal di daerah beriklim hangat, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di dapur outdoor. Sementara itu, untuk daerah dengan cuaca lebih ekstrem, lokasi dapur akan menjadi hal yang penting. Hindari lokasi yang terlalu berangin, panas, atau dingin. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id