Ketahui Perbedaan Jenis Cat Tembok

    Anggi Tondi Martaon - 10 Juni 2019 15:47 WIB
    Ketahui Perbedaan Jenis Cat Tembok
    Penting mengetahui jenis cat yang akan digunakan saat mewarnai rumah. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Penting untuk mengetahui jenis cat yang akan digunakan saat ingin mewarnai rumah. Tak jarang, kebanyakan orang salah menggunakan cat minyak atau air saat mewarnai suatu objek.

    Kesalahan penggunaan jenis cat sangat berpengaruh terhadap ketahanan. Senior Merchant The Home Depot Joey Corona menjelaskan perbedaan antara cat air dan minyak.

    Corona menjelaskan, cat yang juga disebut lateks terdiri atas pigmen dan pengikat dengan air. Cat jenis ini pada umumnya memiliki resistensi warna dari waktu ke waktu, cepat kering, dan tidak menimbulkan bau menyegat.

    "Dan terakhir, cat berbasis air biasanya dapat digunakan di atas cat berbasis minyak yang ada," kata Joey, dikutip Housebeautiful.

    Dengan berbagai keunggulan tersebut, Joey pun merekomendasikan cat air digunakan untuk eksterior dan interior yang memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi, yaitu dapur, kamar mandi, dan ruang binatu.

    "Sebab cat berbahan dasar air juga memiliki banyak lapisan akhir, dan dapat dibersihkan dengan sabun dan air," kata dia.

    Sementara itu, untuk cat berbasis minyak terdiri atas unsur mengandung minyak alami, seperti minyak biji rami, atau alkyd sintetis. Unsur tersebut terdiri atas berbagai pigmen dan resin dalam thinner pelarut. 

    "Ketika pengencer menguap, resin membentuk lapisan keras. Pelukis harus menggunakan cat berbahan dasar minyak untuk setiap permukaan di mana mereka ingin hasil akhir bertahan lama, dan mereka tidak berencana untuk sering mengubah warna," kata dia.

    Cat berbasis minyak memiliki daya tahan cukup tinggi dan tahan terhadap kontak langsung. Hal itu membuat cat minyak ideal untuk cetakan dan trim atau objek yang berkarat.

    Perlu diingat, cat minyak memiliki beberapa kekurangan, di antaranya, bau menyengat, waktu pengeringan lama, dan sulit dibersihkan.




    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id