Warna yang Pengaruhi Mood hingga Tekan Rasa Lapar

    Rizkie Fauzian - 01 April 2021 11:36 WIB
    Warna yang Pengaruhi <i>Mood</i> hingga Tekan Rasa Lapar
    Pemilihan warna pada dinding rumah memengaruhi psikologis penghuninya. Ilustrasi: Shutterstock



    Jakarta: Saat mendekorasi rumah, bentuk, fungsi, tema menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Tak hanya itu, warna juga berperan penting dalam menciptakan suasana hati pemilik rumah lho. 

    Maka dari itu, memilih warna cat dinding rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Menurut beberapa teori, setiap warna memberikan makna dan kesan yang berbeda sehingga memengaruhi psikologis seseorang.






    Arsitek Ren Katili mengatakan, warna cat rumah akan memengaruhi mood penghuninya. Beberapa tone warna bisa mengurangi nafsu makan.

    Beberapa warna juga membangkitkan kreativitas dan meningkatkan mood pemilik rumah lho. Berikut ini warna-warnanya.

    1. Warna yang memberikan kehangatan 

    Warna dengan spektrum merah dipercaya memberikan kehangatan pada ruangan. Bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan lebih hangat dengan keluarga bisa memilih warna tersebut.

    "Warna-warna dengan tone hangat cocok bagi orang yang berjiwa dingin dan terkesan tertutup agar lebih menjadi pribadi yang hangat," kata Ren dalam diskusi.

    2. Warna yang menekan rasa lapar

    Warna biru ternyata memberi efek menenangkan. Menurut Ren, warna biru juga mereduksi nafsu makan sehingga cocok bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

    3. Warna yang membangkitkan semangat anak

    Bagi orang tua, melihat anak tumbuh dengan ceria menjadi kebahagian tersendiri. Jika anak-anak di rumah kurang bersemangat, Ren menyarankan untuk menggunakan warna-warna cerah.

    "Warna-warna cerah, bisa membangkitkan aktivitas anak di rumah. Sebaliknya, jika anak hiperaktif sebaiknya gunakan warna yang kalem," jelasnya.

    4. Warna yang memberikan kesan minimalis

    Setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan cat merilis warna-warna yang baru. Tahun ini warna netral yang hangat alami bisa menghadirkan suasana yang selaras.

    "Namun setiap warna harus disesuaikan dengan penghuni rumah, silakan mengikuti tren warna saat ini dan sesuaikan dengan Anda," katanya.

    5. Warna yang memberikan rasa fokus

    Bulan Ramadan segera tiba, selama menjalankan ibadah para penghuni rumah harus bisa fokus namun tetap semangat. Warna hijau dipercaya membuat suasana lebih fresh, tetapi juga fokus.

    "Tahun ini, orang kembali ke rumah, jadi harus memulai dengan sesuatu yang fresh, warna hijau ini bikin suasana fresh," jelasnya.

    Warna hijau atau warna spektrum hijau menjadi tren saat ini. Warna ini juga bisa meningkatkan fokus Anda. Itulah mengapa banyak sekolah menggunakan warna hijau agar lebih fokus.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id