10 Cara Alami Mengusir Nyamuk

    Medcom - 07 Oktober 2019 20:00 WIB
    10 Cara Alami Mengusir Nyamuk
    Ilustrasi nyamuk. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Kehadiran nyamuk tidak diharapkan. Serangga ini menjadi musuh manusia karena membawa penyakit malaria, demam berdarah, kaki gajah, dan lainnya.

    Dibandingkan harus menggunakan bahan kimia, sebaiknya gunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk di rumah Anda.

    1. Minyak Mimba

    Minyak ini mempunyai fungsi sebagai pengusir nyamuk paling ampuh. Anda dapat mencampurkan minyak mimba dengan minyak kelapa perbandingan 1:1 agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah dan gosokkan ke tubuh anda. Minyak mimba akan melindungi dari gigitan nyamuk selama delapan jam.

    2. Minyak Kayu Putih dan Lemon

    Disarankan oleh Pusat Pengendalian Penyakit sebagai penolak serangga yang paling efektif secara alami. Anda dapat mencampurkan minyak kayu putih dan lemon dengan takaran yang sama, lalu gosokkan ke badan Anda.

    3. Kapur Barus

    Bahan ini terbuat dari ekstrak pohon dan lebih tahan lama dibandingkan produk alami lainnya. Sebagai pengusir nyamuk, letakkan kapur barus di kamar, lalu tutup semua pintu dan jendela. Biarkan selama 15 hingga 20 menit.

    4. Tulsi

    Menurut data dari Parasitology Research Journal. Tulsi sangat efektif membunuh larva nyamuk dan membantu mengusir nyamuk. Ayurveda mengatakan menanam semak Tulsi di dekat jendela, dapat mengusir nyamuk. Tidak hanya menyingkirkan nyamuk, tetapi mencegah mereka masuk ke rumah.

    5. Bawang Putih

    Tidak hanya dapat membunuh nyamuk, bawang putih juga mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Bau bawang putih kuat dan menyengat sehingga mencegah mereka masuk ke rumah. Cara menggunakan bawang putih sebagai pengusir nyamuk, yaitu hancurkan bawang putih, lalu rebus ke dalam air, kemudian semprotkan ke seluruh ruangan.

    6. Minyak Pohon Teh

    Tidak hanya bermanfaat untuk kulit dan rambut, bahan ini juga dapat mengusir nyamuk. Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh pada kulit atau menambahkan beberapa tes ke vaporizer.

    7. Mint

    Semprotkan aroma mint di dalam rumah, atau oleskan minyak mint pada tubuh Anda. Bisa juga tanam daun mint di luar jendela kamar. Cara lainnya, campurkan sedikit obat kumur rasa mint dengan air, kemudian semprotkan ke sekeliling rumah.

    8. Lavender

    Aroma ini sudah tak asing lagi digunakan sebagai pengusir nyamuk. Gunakan minyak lavender sebagai penyegar ruangan alami atau oleskan di kulit Anda.

    9. Sereh

    Minyak sereh adalah minyak atsiri yang diekstrak dari serai. Anda dapat memasukkan ekstrak ini ke dalam lilin untuk membebaskan rumah Anda dari nyamuk.

    10. Tanam Pohon

    Mungkin sebagian orang berpikir jika menanam pohon dapat menjadi sarang nyamuk. Namun sebenarnya tidak. Anda bisa menanam pohon jenis semak tulsi, mint, marigold, lemon, mimba, atau serai. Tanaman tersebut terbukti efektif mencegah perkembangbiakan nyamuk. (Roslainy Putri A) 



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id