comscore

Catat! 5 Kesalahan Investasi Properti yang Perlu Dihindari

Rizkie Fauzian - 13 Desember 2021 22:56 WIB
Catat! 5 Kesalahan Investasi Properti yang Perlu Dihindari
Kesalahan investasi properti yang perlu dihindari. Foto: Shutterstock
Jakarta: Properti merupakan salah satu investasi yang populer karena dianggap memberi keuntungan yang besar. Berbeda dengan jenis investasi lainnya, properti memiliki risiko yang minim.

Kentungan tersebut membuat properti banyak dipilih investor pemula. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati untuk memilih properti yang akan di investasikan. Berikut ini, lima kesalahan dalam investasi properti yang perlu dihindari.

1. Lokasi

Salah satu kesalahan saat membeli properti untuk investasi adalah lokasi yang tidak tepat. Lokasi properti yang Anda beli dapat memengaruhi sukses atau tidaknya bisnis properti.
 
Untuk menghindari kesalahan tersebut pilihlah lokasi yang memang potensial, jangan hanya mengutamakan harga tanah yang murah saja.

2. Kualitas

Demi mendapatkan keuntungan yang besar, Anda malah menomorduakan kualitas. Misalnya dengan memilih bahan bangunan yang paling murah.
 
Hal itu Anda lakukan karena beranggapan kalau konsumen tidak menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Padahal, jika terjadi kerusakan bangunan kredibilitas perusahaanmu yang bakal jadi taruhannya.

3. Over kredit

Over kredit adalah situasi dimana Anda gagal melakukan pembayaran kredit atau utang yang akhirnya harus mengalihkan bisnis properti ke pihak lain. 
 
Kondisi tersebut tentu saja merugikan Anda. Uang yang Anda keluarkan di awal bisa hangus begitu saja. Oleh karena itu, sebelum benar-benar mulai menjalankan bisnis sebaiknya lakukan perencanaan keuangan dengan baik.

4. Terburu-buru

Tak sedikit pengembang properti yang mengerjakan proyek pembangunan dengan terburu-buru tanpa perencanaan yang matang. Padahal agar bisnis Anda berjalan lancar, syaratnya adalah membuat persiapan yang matang. 
 
Misalnya, dengan memperhitungkan jangka waktu serta biaya pembangunan. Hal itu bertujuan buat menghindari masalah yang bisa saja terjadi di tengah proses pembuatan proyek.

5. Harga terlalu mahal

Kesalahan lainnya yang bikin bisnis properti gagal total adalah mematok harga yang terlalu mahal. Harga jual atau sewa itu menjadi hal yang penting banget dalam pemasaran properti. 
 
Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan riset dan perhitungan yang tepat sebelum menentukan angka. Jika Anda memberikan harga yang terlalu tinggi, ada banyak orang yang tak mampu menyewa atau membeli. 
 
Ingat, kini masyarakat semakin cerdas melakukan perbandingan harga. Oleh karena itu, agar bisnis Anda lancar sebaiknya tentukan harga secara bijak.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id