comscore

Beli Rumah Baru vs Seken, Mana yang Lebih Untung?

Rizkie Fauzian - 13 Januari 2022 16:59 WIB
Beli Rumah Baru vs Seken, Mana yang Lebih Untung?
Pertimbangan beli rumah seken dan baru. Ilustrasi: Shutterstock
Jakarta: Membeli rumah merupakan impian setiap orang, baik baru maupun seken. Apapun jenis hunian yang Anda beli sebaiknya perhatikan dengan seksama.

Baik rumah baru maupun seken memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Rumah baru biasanya memiliki bangunan yang lebih kekinian, sementara hunian bekas lebih konvensional.
 
Jika Anda menyukai suasana baru, maka rumah baru bisa menjadi pilihan. Sementara rumah seken memiliki lingkungan yang telah terbentuk.
Ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan saat membeli rumah. Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum memutuskan membeli rumah baru atau bekas.

1. Harga

Beli Rumah Baru vs Seken, Mana yang Lebih Untung?

Harga mungkin jadi pertimbangan pertama yang Anda pikirkan. Rumah baru bisa dibanderol lebih mahal daripada rumah lama. 
 
Rumah seken mungkin lebih murah, namun Anda harus mengeluarkan biaya lain untuk perbaikan. Kedua pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

2. Perawatan

Lumrah terjadi, rumah seken atau rumah tua menyedot banyak biaya untuk perawatan, perbaikan, atau pergantian beberapa komponen. Sementara, rumah baru tak memerlukan biaya tersebut.
 
Jika dana cadangan Anda terbatas untuk segala perbaikan darurat atau biaya tak terduga lainnya, rumah baru mungkin menjadi pilihan yang tepat.
 
Bila Anda terpaksa membeli rumah bekas, pastikan memeriksa kondisi keseluruhan dengan teliti. Upayakan negosiasi harga, karena Anda harus mengeluarkan dana lain untuk perbaikan rumah.

3. Investasi

Beli Rumah Baru vs Seken, Mana yang Lebih Untung?

Rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal, beberapa orang menganggapnya sebagai suatu investasi. Rumah seken biasanya banyak menjadi incaran terutama jika track record-nya baik. Lingkungan yang terbentuk di rumah bekas biasanya membuat harga rumah lebih tinggi.
 
Sementara rumah baru, belum ada riwayat pembelian sebelumnya sehingga banyak pertimbangan. Harganya bisa melonjak ataupun anjlok bergantung pada kondisi rumah, lingkungan, atau pasar properti.

4. Desain

Tak dipungkiri, bagi penyuka barang vintage rumah seken mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Rumah seken atau tua memiliki desain yang lebih tradisional hingga bernilai sejarah.
 
Rumah-rumah tua juga memiliki dekorasi yang lebih detail, misalnya penggunaan lantai, atap hingga bahan material. Di sisi lain, rumah-rumah baru menggunakan barang bahan yang lebih canggih dan juga desain yang pasti lebih modern dengan rancangan yang mengikuti zaman. 
 
Pada akhirnya, keputusan membeli rumah seken atau baru harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan rumah dengan model vintage, namun barang-barang modern, Anda bisa melakukannya. Atau, Anda membeli rumah baru agar tak ada biaya perbaikan lain yang harus dikeluarkan lagi.

5. Lingkungan

Rumah seken memiliki lingkungan yang sudah terbentuk, biasanya sudah ada fasilitas umum yang lengkap seperti sekolah, tempat ibadah hingga pertokoan.
 
Sebaliknya, rumah baru biasanya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga tak banyak kelengkapan fasilitas umum. Bahkan tetangga pun masih sedikit dan sepi.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id