comscore

Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Bisnis Properti dengan Modal Minim

Rizkie Fauzian - 05 Maret 2022 12:13 WIB
Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Bisnis Properti dengan Modal Minim
Bisnis properti untuk pemula, minim modal. Foto: Shutterstock
Jakarta: Bisnis properti tengah digandrungi karena memiliki risiko yang minim dibandingkan dengan lainnya. Selain itu, harga properti selalu naik setiap tahunnya.

Hal ini yang membuat bisnis properti tampak menggiurkan, terutama bagi pemula. Bahkan untuk memulai bisnis properti, Anda tak butuh banyak modal.
Ada berbagai macam jenis properti yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis. Jenis properti yang populer, antara lain seperti rumah, apartemen, tanah, hingga ruko.

Setelah Anda mengetahui jenis properti, saatnya untuk mempelajari produknya. Jangan pernah malah untuk mencari, pelajari kekurangan dan kelebihan dari masing-masing produk. 

Berikut ini, tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis properti tanpa modal.

1. Makelar properti

Makelar adalah perantara yang menjembatani investor ke pembeli atau penjual properti. Untuk menjadi seorang makelar Anda tak perlu memiliki properti.

Anda membutuhkan pemahaman yang mumpuni soal tren harga properti di setiap daerah. Selain itu, Anda harus memiliki network yang sangat luas.

Jika telah memiliki pengalaman dan network yang luas, bukan tak mungkin jika nantinya Anda bisa meluaskan bisnis. Dari menjadi makelar hingga memiliki properti sendiri.

2. Agen properti

Berbeda dengan makelar, agen properti biasanya mewakili sebuah jasa atau layanan dalam jual beli properti. Artinya lebih profesional.

Agen biasanya tak bekerja sendiri, dan berkaitan dengan pengembang atau perusahaan besar yang menjual properti.

Tugas agen hampie sama dengan makelar, yakni harus menguasai informasi tentang produk properti yang dijualnya. Beberapa agen juga memiliki kemampuan untuk memberikan solusi kepada pembeli.

3. Bisnis properti di pasar modal

Jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa mencoba bisnis properti di pasar modal. Ada banyak saham pengembang properti yang ditawarkan, dan pilih yang memiliki prospek menjanjikan.

Jangan lupa untuk selalu mempelajari setiap detail perusahaan. Tak perlu membeli saham mahal, Anda bisa memulainya dari harga saham di bawah Rp1.000.

Bisnis properti di pasar modal tentu berbeda dari jenis lainnya. Selain lebih rumit, saham juga tak selalu naik, dan keuntungan yang di dapat tak selalu cepat.

4. Bisnis sewa properti

Jika Anda memiliki rumah yang berada dekat tempat wisata, kampus dan area perkantoran, Anda bisa mulai dengan penyewaan properti. Tak perlu banyak, jika ada dua atau tiga kamar kosong, Anda bisa sewakan.

Anda juga bisa mendaftarkan rumah Anda pada situs-situs penyewaan properti. Meski dengan modal minim, usahakan jika kamar atau rumah yang ingin disewakan bersih dan rapi sehingga orang tertarik.

Namun, bisnis yang satu ini juga bukan tanpa risiko. Menyewakan kamar rumahmu ke orang lain bisa saja mengalami kerusakan fasilitas, tagihan listrik yang membengkak, dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa Anda membuat hitung-hitungan untuk mewaspadai risiko ini sebelum menetapkan harga sewanya. 

5. Buat situs pencarian properti

Cara yang satu ini memang lebih rumit dari yang lainnya. Anda bisa membuat situs pencari properti sendiri. Terutama di masa pandemi, banyak orang mencari properti dari situs.

Ketika situs yang Anda buat sudah memiliki banyak pengunjung atau user, Anda bisa menarik keuntungan lewat sistem membership eksklusif ke user untuk mengiklankan propertinya.

Anda juga bisa menerapkan biaya perantara untuk transaksi properti.  Kamu bisa pula mengajak developer-developer lain atau bank untuk pasang iklan dengan murah di situsmu.

Jangan lupa untuk mengisi konten-konten di website dengan hal yang menarik, seperti tips-tips. buat tampilan website semenarik mungkin.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id