Tips Mudah Memilih Produk KPR

    Rizkie Fauzian - 16 Maret 2020 20:19 WIB
    Tips Mudah Memilih Produk KPR
    Tips memilih KPR. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Memiliki hunian yang nyaman merupakan salah satu impian semua orang. Namun, harga rumah yang semakin melonjak, membeli secara cash menjadi sulit untuk dilakukan. 

    Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah melalui metode Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. KPR sendiri merupakan salah satu program bantuan pemerintah dalam hal pembelian rumah. 

    Program ini dianggap sangat membantu, karena itulah banyak diminati oleh masyarakat luas. Mereka yang memiliki dana terbatas pun perlahan-lahan bisa memiliki rumah dengan program ini.
     
    Memang jika dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan akan sama saja atau bahkan lebih besar jika membeli rumah secara cash. Namun setidaknya akan ringan pada awal pembeliannya. 

    Berikut ini tips memilih produk KPR agar cicilan atau angsuran yang sesuai dengan kemampuan. Maka dari itulah penting untuk mengetahui produk yang tepat sesuai dengan kriteria masing-masing. 
     
    1. Cicilan 

    Anda harus memperkirakan jumlah cicilan supaya tidak jauh-jauh dari penghasilan. Dalam hal ini tidak lebih dari 30 persen dari jumlah penghasilan. 

    Usahakan jumlahnya pas dan tenor waktu yang juga tidak terlalu lama. Usahakan jangka waktu cicilan hanya 10-20 tahun saja. Pilih sesuai kemampuan tapi jangan sampai lebih dari 20 tahunan.
     
    2. Bandingkan KPR


    Anda bisa membandingkan KPR melalui online, survei bank langsung, dan lain-lain. Dengan begini akan mudah ditemukan jumlah cicilan yang tidak membebani dan sesuai dengan kebutuhan. 

    Bandingkan dengan lebih terperinci, mulai dari bunga, alur pembayaran, waktu angsuran, dan lainnya.
     
    Semoga informasi di atas memberikan pencerahan bagi yang sekarang ini sedang bingung berurusan dengan KPR dan rinciannya. Usahakan untuk selalu memilih yang sesuai dengan kantong ya.
     

    Kalkulator KPR


    Jika Anda merasa bahwa mengajukan KPR cukup rumit. Banyak hal perlu diperhatikan dan dipelajari, seperti halnya biaya dan cicilan setiap bulannya. 
    Perlu ketelitian supaya cicilan tiap bulan tetap aman. 
     
    Sudah tidak perlu pusing-pusing menghitung secara manual, kalkulator KPR online saat telah banyak sekali jenisnya. Tentunya berbeda penyedia, tidak akan sama pula fitur yang ditawarkan. 

    Ada banyak rekomendasi kalkulator KPR online yang memiliki fitur mudah dan penggunaanya tidak ribet. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempermudah perhitungan KPR.
     



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id