6 Manfaat Cuka yang Jarang Diketahui, untuk Lantai hingga Kaca

    Rizkie Fauzian - 16 November 2020 10:46 WIB
    6 Manfaat Cuka yang Jarang Diketahui, untuk Lantai hingga Kaca
    Manfaat cuka untuk membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Membersihkan rumah terkadang menjadi kegiatan yang melelahkan. Namun jika tidak dilakukan maka rumah akan menjadi sarang penyakit dan berbau.

    Beberapa noda membandel di dalam rumah membuat kegiatan bersih-bersih menjadi lebih sulit. Namun, tahukah Anda jika cuka bisa memudahkan kegiatan bersih-besih tersebut.

    Berikut ini enam manfaat cuka agar membersihkan rumah dengan mudah, dikutip dari laman Lamudi.co.id

    1. Membersihkan karpet

    Cuka ternyata bermanfaat untuk membersihkan noda pada karpet. Caranya sederhana, pertama campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Kemudian semprotkan campuran air cuka tersebut ke noda di karpet tunggu hingga dua menit. Setelah itu gosokkan noda tersebut dengan kain kering hingga kotoran memudar.

    2. Membersihkan kloset

    Air cuka juga dapat membersih kloset. Caranya semprotkan air cuka dibagian noda membandel lalu gosok dengan sikat toilet hingga noda menghilang.

    3. Membersihkan kaca

    Jangan biarkan kaca rumah Anda terlihat kusam dan berjamur, bersihkan dengan menggunakan air cuka. Caranya campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 50:50, kemudian usapkan campuran air cuka di permukaan kaca dan bersihkan dengan kain lembut.

    4. Membersihkan lantai  

    Air cuka ternyata juga bisa sebagai pengganti sabun pembersih lantai. Cukup tuangkan cuka sebanyak 150 ml dengan air sebanyak 2,5 liter, kemudian gunakan campuran air tersebut sebagai sabun untuk membersihkan lantai.

    5. Menghilangkan kerak kamar mandi

    Air cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kerak di kamar mandi. Caranya sangat sederhana, campurkan garam dengan air cuka. Lalu semprotkan air tersebut pada bagian kerak di kamar mandi, kemudian gosok dengan sikat kamar mandi dan bersihkan dengan air.

    6. Menghilangkan karat perabotan rumah

    Jika perabot metal atau besi rumah Anda banyak berkarat, Anda bisa menghilangkannya dengan air cuka. Caranya sempotkan air cuka dibagian karat lalu gosok dengan sikat gigi hingga karat menghilang, kemudian bersihkan dengan air.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id