Mencegah Rumah Bocor saat Musim Hujan

    Medcom - 17 November 2019 10:13 WIB
    Mencegah Rumah Bocor saat Musim Hujan
    Tips aman dari bocor saat musim hujan. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Memasuki musim penghujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rumah terhindar dari bocor maupun rembesan air. Berikut tips menjaga rumah Anda aman dari bocor saat musim hujan.

    1. Periksa Atap Rumah

    Periksa atap Anda agar terhindar dari kebocoran. Anda dapat melakukan pemeriksaan dua kali setahun dengan memeriksa lubang, atau area yang dapat menimbulkan celah.

    2. Periksa Plafon

    Perhatikan kebocoran di langit-langit rumah. Tanda-tanda kebocoran salah satunya terjadi perubahan warna plafon. Perhatikan kondisinya. Jangan menunda perbaikan bila ada kerusakan karena angin kencang bisa membuat plafon roboh.

    3. Bersihkan Selokan

    Perhatikan kebersihan selokan, agar saat hujan air dapat mengalir dengan baik sehingga tidak terjadi sumbatan. Pastikan tidak ada sumbatan yang dapat menyebabkan banjir di saluran air.

    4. Perhatikan Pintu dan Jendela

    Periksa pintu dan jendela rumah Anda apakah sudah tertutup dengan baik. Hal ini untuk menghindari air masuk ke dalam rumah saat hujan deras terjadi. 

    5. Perhatikan Sistem Kelistrikan

    Sistem kelistrikan penting untuk diperhatikan. Sedikit kecerobohan dapat berakibat fatal. Periksa kabel listrik dan soket di rumah Anda. Pastikan aman dari kemungkinan terkena rembes air bocor.

    6. Gunakan Cat Tahan Air

    Jika diperlukan, sebaiknya gunakan cat tahan air. Selain menjaga dari rembesan air akibat hujan, cat ini juga mampu mempertahankan warnanya meski terkena air hujan.

    7. Basmi Hama

    Hama sangat perlu diperhatikan saat hujan, kemungkinan besar hama masuk ke rumah Anda terutama rayap yang dapat merusak funitur, pintu, dan barang-barang kayu. Gunakan obat pembasmi rayap atau cairan anti-serangga.




    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id