Newsline

    Tata Ruang Kantor Seusai Pandemi Juga Alami New Normal

    MetroTV - 22 Juli 2021 22:28 WIB
    Tata Ruang Kantor Seusai Pandemi Juga Alami New Normal
    Perusahaan mencari cara untuk tetap dapat menjaga jarak sembari menjaga semangat bekerja dan juga memfasilitasi kerja sama.



    Michigan: Perusahaan furnitur perkantoran Steelcase di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, mencoba bereksperimen menemukan konfigurasi desain interior cocok untuk kantornya di masa seusai pandemi. Mengingat sebagian karyawan telah kembali bekerja.

    Perubahan dilakukan karena kondisi bekerja sebelum pandemi covid-19 merebak berbeda dengan saat ini. Perusahaan mencari cara untuk tetap dapat menjaga jarak sembari menjaga semangat bekerja dan juga memfasilitasi kerja sama.

     



    “Kantor harus setingkat lebih maju, sehingga bekerja lebih efektif dibandingkan di rumah,” jelas Direktur Utama Steelcase Jim Keane dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 22 Juli 2021.

    Penelitian Steelcase menunjukkan sekitar separuh perusahaan di penjuru dunia akan mengubah tata ruang kantor pasca-pandemi. Perubahan dengan melakukan perbaikan sirkulasi udara dan menempatkan meja secara lebih berjauhan.

    “Sejumlah faktor lain juga menjadi pertimbangan dalam merancang kantor masa depan, salah satunya adalah sirkulasi udara dan ventilasi yang lebih baik,” kata jurnalis VOA Nova Poerwadi.

    Terdapat wacana untuk memperbanyak ruang terbuka baik bagi pertemuan maupun rehat makan siang. Aplikasi pertemuan virtual juga akan tetap digunakan seusai pandemi untuk melibatkan pekerja yang sedang bekerja dari rumah

    “Kini kuncinya pada fleksibilitas, termasuk kemampuan kontak dengan yang kerja di rumah,” ujar Pekerja Steelcase Tim Elms

    Selain bereksperimen secara internal, perusahaan juga perlu mengkaji tren yang ada diantara klien mereka. Perusahaan Gensler yang berada di San Francisco, California mencoba menerapkan hal tersebut.

    “Inilah saatnya mengkaji apa yang baik dari kantor dan apa kelebihan kerja di rumah,” ucap Direktur Disain Gensler Natalie Engels. (Widya Finola Ifani Putri)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id