5 Cara agar Kamar Mandi Tanpa Jendela Bisa Terang

    Rizkie Fauzian - 09 Januari 2021 16:46 WIB
    5 Cara agar Kamar Mandi Tanpa Jendela Bisa Terang
    Tips pencahayaan kamar mandi agar tidak gelap.Foto: Shutterstock
    Jakarta: Kenyamanan di kamar mandi menjadi perhatian bagi sebagian orang. Salah satu aspek yang menunjang kenyamanan adalah unsur pencahayaan.

    Pencahayaan kerap disepelekan saat mendekorasi kamar mandi. Padahal dengan pencahayaan yang tepat ruangan tampak lebih estetik.

    Jika kamar mandi di rumah Anda tak memiliki cahaya, maka gunakan pencahayaan buatan yang dihasilkan dari lampu atau dekorasi lainnya.

    Berikut ini hal yang mesti diperhatikan seperti dikutip Handyman.

    1. Kaca

    Menggunakan kaca pada dinding atau pintu kamar mandi dapat menyuplai cahaya alami. Namun, penggunaan kaca harus tetap menjaga aspek privasi saat berada di kamar mandi.
     
    Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan kaca buram. Jika terkendala harga untuk pengadaan kaca buram, Anda bisa menggunakan kaca film atau tirai khusus untuk menyamarkan pandangan dari luar.

    2. Task lighting

    Task lighting sangat dibutuhkan untuk kegiatan yang perlu detail. Misalnya, bercukur atau memakai make up. Disarankan, task lighting tidak lebih tinggi daripada kepala karena akan  menimbulkan bayangan.
     
    Tempatkan task lighting di kedua sisi cermin. Usahakan ketinggian task lighting sejajar dengan mata agar pencahayaan merata.

    3. Accent lighting

    Penggunaan accent lighting juga disarankan untuk menunjang pencahayaan di kamar mandi. Metode pencahayaan ini mampu menyebarkan cahaya lebih merata.

    4. Lampu gantung

    Pencahayaan utama juga harus menjadi perhatian. Anda bisa menggunakan lampu gantung untuk mendapatkan suasana kamar mandi yang lebih istimewa.

    5. Ukuran lampu

    Ukuran lampu harus disesuaikan dengan kamar mandi dan jenis penerangan yang digunakan. Bagi yang menyukai lampu neon, ukuran penerangan yang digunakan yaitu 24-26 watt. Untuk LED, ukuran lampu yang digunakan yaitu 20-25 watt.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id