Keramik vs Porselen, Mana yang Terbaik?

    Rizkie Fauzian - 05 Januari 2021 13:17 WIB
    Keramik vs Porselen, Mana yang Terbaik?
    Pilih keramik atau porselen, sesuaikan dengan ruangan rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Ketika berencana membangun atau merenovasi rumah, Anda akan dihadapkan pada pilihan keramik atau porselen.

    Sekilas terlihat sama. Nyatanya, keduanya merupakan dua produk berbeda. Keramik memiliki karakter berpori, sementara porselen tidak.
     
    Meskipun sama-sama diproduksi dengan cara dibakar, porselen menyerap kurang dari 0,5 persen air. Sementara, keramik menyerap lebih dari 0,5 persen air.
     
    Penggunaan keduanya bisa menguntungkan, bergantung di mana Anda memasangnya. Dilansir Houzz, berikut ini beberapa perbedaan antara porselen dan keramik.

    1. Porselen cocok untuk ruangan lembab

    Porselen menyerap kelembaban kurang dari 0,5 persen karena teksturnya yang padat. Porselen lebih cocok di tempat lembab seperti kamar mandi.

    Tidak berarti bahwa keramik adalah pilihan yang buruk untuk kamar mandi. Namun, porselen memiliki perlindungan terbaik terhadap kelembaban.
     
    Selain itu, dapur juga dapat dianggap zona lembab. Anda mungkin merasa lebih nyaman dengan lantai porselen untuk menahan tumpahan dan kebocoran.

    2. Anggaran terbatas, pilih keramik

    Tidak semua ubin porselen mahal, tetapi jika Anda membandingkannya dengan keramik, tentu saja harganya berbeda. Jika anggaran terbatas, keramik sesuai dengan pilihan Anda.
     
    Anggaran terbatas tidak berarti ketinggalan zaman. Untungnya, banyak ubin keramik yang menampilkan tren terbaru, seperti ubin yang terlihat seperti kayu.

    3. Ruang yang sering dilalui, pilih porselen

    Baik keramik dan porselen unggul di daerah lalu lintas tinggi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Tapi porselen adalah ubin yang lebih padat, sehingga lebih tahan benturan dan goresan.
     
    Ruang tamu dan lorong adalah dua tempat yang sempurna untuk memasang porselen. Rumah dengan anak-anak dan hewan peliharaan akan cocok dengan daya tahan porselen.
     
    Selain itu, dapur juga banyak dilalui dan tempat berkumpul untuk keluarga dan tamu Anda sehingga porselen adalah pilihan terbaik.

    4. Penggemar DIY, pilih keramik

    Bagi Anda yang senang membuat perabotan sendiri, keramik bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih mudah dipotong dan dipasang dibandingkan porselen.

    5. Renovasi teras, pilih porselen

    Ketika Anda berencana melakukan renovasi teras di luar, maka porselen menang. Ketika ubin keramik membeku, ia menyerap kelembapan sehingga menyebabkan mengembang dan pecah.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id