3 Langkah Penting Sebelum Beli Rumah

    Rizkie Fauzian - 01 Juli 2020 10:53 WIB
    3 Langkah Penting Sebelum Beli Rumah
    Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Penurunan suku bunga acuan di level 4,25 persen dianggap angin segar bagi sektor properti. Penurunan tersebut dapat mendorong perbankan untuk menurunkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

    Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan penurunan suku bunga acuan BI memang tidak akan langsung berpengaruh terhadap rate yang efektif di level konsumen, apalagi bagi nasabah yang sudah ada.

    "Penurunan ini akan lebih terasa bagi mereka yang baru akan mengambil KPR.
    Tidak ada salahnya calon debitur KPR untuk mempersiapkan diri lebih awal apalagi bagi mereka yang masih memiliki hutang atau cicilan lainnya," jelasnya dalam riset dikutip Rabu, 1 Juli 2020.

    Marine menyarankan pencari rumah mengambil tiga langkah penting sebelum memutuskan membeli rumah. Langkah pertama adalah mencari informasi seputar dan rencana infrastruktur wilayah hunian yang menjadi incaran.

    "Sehingga bisa mendapatkan gambaran bagaimana nantinya lingkungan hunian akan berkembang dan mengetahui bagaimana sarana infrastruktur akan tersedia termasuk transportasi massal," ungkapnya.

    Langkah kedua adalah mencari informasi perbandingan harga properti satu lokasi yang sama maupun di sekitarnya agar bisa mendapatkan kisaran harga properti yang akurat dan sesuai fasilitas hunian yang didapatkan serta mencegah konsumen membeli properti di luar batas kewajaran.

    Sedangkan langkah ketiga adalah melakukan simulasi KPR dan penghitungan plafon sesuai tingkat penghasilan agar konsumen bisa mengetahui perkiraan uang muka, perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan.

    "Hal ini bisa mencegah konsumen tidak mampu membayar besaran cicilan di kemudian hari," kata Marine.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id