Tips Kelola Properti untuk Investasi

    Rizkie Fauzian - 04 Oktober 2021 13:24 WIB
    Tips Kelola Properti untuk Investasi
    Tips mengelola properti untuk investasi. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari oleh banyak orang. Investasi properti dianggap lebih stabil dengan keuntungan yang menggiurkan.

    Misalnya, ketika Anda membeli rumah untuk aset dan investasi, maka dalam beberapa tahun harga jualnya akan lebih tinggi dibandingkan saat Anda membelinya.

     



    Meski cenderung stabil, namun investasi properti bukan tanpa risiko. Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui saat mengelola properti untuk investasi.

    Berikut ini beberapa tips mengelola properti Anda untuk berinvestasi, dikutip Lifepal.co.id.

    1. Pastikan berada di lokasi yang strategis

    Penting banget buat memerhatikan lokasi properti kamu berada. Sebab lokasi akan menentukan seberapa banyak orang yang akan datang untuk menyewa properti tersebut.

    Apalagi kalau properti yang kamu punya berada di lingkungan sekitar lingkungan dekat perkantoran maka para karyawan akan menjadi penyewa yang potensial.

    2. Ketahui besaran pajak yang dibayarkan

    Tips Kelola Properti untuk Investasi
    Ketika memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti maka penting buat mengetahui pajak properti di lingkungan tersebut. Jangan sampai gara-gara tidak tahu besaran pajak, kamu jadi menentukan harga terlalu kecil dibandingkan pajak yang harus dibayarkan. Akibatnya pendapatan yang diterima tidak bisa menutupi pajaknya.

    Tidak perlu takut jika pajak yang harus dibayarkan tinggi sebab jika lokasi tersebut sudah strategis maka akan banyak penyewa potensial yang akan datang.

    3. Dekat area pendidikan

    Jika target penyewa kamu adalah sebuah keluarga yang memiliki anak. Maka memastikan lokasi properti di area pendidikan adalah pilihan yang tepat. Area pendidikan di sini seperti area persekolahan atau universitas. Akan sangat percuma memiliki properti bagus apabila lingkungan sekitar memiliki fasilitas pendidikan yang sedikit.

    4. Rencana pengembangan di masa depan

    Tips Kelola Properti untuk Investasi
    Cari tahu apakah lokasi propertimu berada akan dilakukan pengembangan nantinya, seperti pembangunan mall, apartemen, sekolah, taman bermain, maupun perkantoran. Jika iya, maka area tersebut berpotensi memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat baik.

    5. Ketahui rata-rata biaya sewa

    Pastikan kamu mengetahui dengan baik berapa rata-rata biaya sewa di area tersebut. Jangan sampai kamu menetapkan harga terlalu mahal ataupun murah, sebab hal tersebut akan menentukan seberapa banyak calon penyewa yang akan datang.

    6. Aman dari kriminalitas

    Akan sangat sulit mendapatkan penyewa jika kamu memutuskan berinvestasi properti di area yang rawan kriminalitas. Maka dari itu sebelum berinvestasi ada baiknya mengukur tingkat kejahatan di wilayah tersebut. Semakin kecil tingkat kriminalitas maka semakin besar kamu mendapatkan penyewa.

    7. Aman dari bencana alam

    Tips Kelola Properti untuk Investasi
    Menjadi percuma memiliki properti bagus tapi lokasi properti rawan akan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor, dan bencana lainnya, yang ada nilai properti menjadi turun dan ini akan menjadi pertimbangan besar bagi penyewa yang akan menyewa.

    Nah, itu dia jenis-jenis investasi properti menjanjikan dan tips berinvestasi yang dapat menjamin masa depanmu. Jadi, saat dapat durian runtuh alias dapat rezeki nomplok, sisihkan beberapa persen untuk mulai ikut property crowdfunding. Gak masalah sedikit, tapi lama-lama kan jadi bukit.

    Terakhir, jangan lupa untuk selalu melindungi gedung dan rumahmu dengan asuransi properti. Dengan menjadi nasabah asuransi properti, kamu akan terlindungi dari pengeluaran akibat harus merenovasi kerusakan pada gedung atau rumahmu.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id