comscore

5 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet

Rizkie Fauzian - 12 Mei 2022 18:59 WIB
5 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet
Cara mengatasi WC mampet dengan mudah. Foto: Shutterstock
Jakarta: Toilet atau WC yang tersumbat tentu saja mengganggu aktivitas penghuni rumah. Tak hanya itu, WC mampet juga bisa menimbulkan bau yang kurang sedap.
 
Beberapa penyebab toilet mampet biasanya karena adanya penyumbatan. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan langsung memanggil tukang sedot WC.
 
Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi WC mampet dengan barang-barang yang ada di sekitar rumah.

1. Sabun cuci piring dan air panas

Sabun cuci piring dipercaya bisa mengatai WC yang tersumbat. Sediakan satu cangkir berisi sabun cuci piring dan air panas.
 
Tuang cairan sabun tersebut ke dalam toilet, dan tunggu beberapa saat hingga mengendap. Sabun berguna untuk melicinkan saluran pipa WC.

Setelah itu, tuangkan air panas ke dalam toilet. Kemudian tunggu 20 menit, lalu siram atau flush WC. Jika masih tersumbat, ulangi kembali penggunaan sabun cuci.

2. Baking soda dan cuka

Selain membersihkan toilet, kombinasi baking soda dan cuka juga ampuh untuk memperbaiki toilet yang tersumbat.
 
Caranya siram 1 cangkir baking soda ke permukaan WC dan tunggu hingga mengendep. Kemudian siram kembali dengan dua cangkir cuka.
 
Biarkan hingga 1 jam hingga keluar gelembung-gelembung dari WC tersebut. Setalah itu, flush kembali WC Anda.

3. Menggunakan botol plastik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air dalam toilet sebanyak mungkin. Kemudian, isi botol plastik besar dengan air hangat.
 
Letakkan ibu jari Anda di atas botol, dan sesuaikan ujung atas botol ke bagian bawah toilet.
Pompa botol agar airnya masuk ke dalam saluran toilet. Tekanan yang berasal dari botol bisa menghilangkan hal-hal yang bisa menyumbat saluran toilet.

4. Gantungan baju kawat

Gantungan baju atau hanger kawat dapat memperbaiki WC mampet, caranya potong kawatnya dan luruskan. Kemudian ujung kawat yang tajam dibungkus dengan kain dan rekatkan menggunakan selotip.
 
Memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank.
 
Jika air menyusut artinya WC mampet telah berhasil diatasi. Lalu, jangan lupa untuk menyiram dengan tombol flush.

5. Garam batu

Tuangkan satu cangkir garam batu ke dalam lubang toilet dan tuang 1 liter air mendidih ke lubang yang sama. Kemudian diamkan hingga semalaman.
 
Keesokan harinya Anda tinggal menyiram toilet dengan air yang banyak untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk septic tank.
(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id