5 Kesalahan saat Merenovasi Rumah

    Rizkie Fauzian - 05 April 2021 10:37 WIB
    5 Kesalahan saat Merenovasi Rumah
    Kesalahan saat merenovasi rumah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Ketika bosan dengan tampilan rumah, tak jarang Anda mencari ide dekorasi dari berbagai sumber. Misalnya dari majalah interior, artikel, hingga menonton acara dekorasi rumah di televisi.

    Untuk menekan bujet, Anda merenovasi rumah tanpa bantuan tukang. Namun, meski telah mendapatkan referensi terkadang masih ditemukan kesalahan saat merenovasi rumah. 






    Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi saat merenovasi rumah.

    1. Warna cat

    Banyak orang terkecoh saat membeli cat, warna pada katalog dan saat di toko akan berbeda saat mengaplikasikan ke dinding rumah.

    Terutama saat Anda melakukan pekerjaan ini sendiri tanpa bantuan tukang, kesalahan seperti itu bisa terjadi. Untuk itu penting mempertimbangkan pencahayaan.

    Warna yang lebih gelap pada ruangan dengan sedikit pencahayaan bisa membuat ruangan tampak lebih kecil. Selain itu, kualitas cat hingga kuas akan memengaruhi hasil pekerjaan Anda.

    Jika Anda telah mengecat dinding namun tak menyukai hasilnya, cara memperbaikinya hanya dengan mengulang pengecatan atau cat di satu dinding saja, dan gunakan warna kontras lain untuk dinding lainnya.

    2. Mengganti ubin dapur atau kamar mandi

    Mengubah backsplash dapur atau ubin lama di kamar mandi bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus teliti memilih jenis dan ukuran yang sesuai.

    Bagi para tukang memasang ubin adalah hal biasa, namun jika melakukannya sendiri, maka Anda harus bersabar. 

    Beberapa area terkadang membutuhkan ubin lebih kecil, sehingga Anda perlu memotong ubin. Panggil tukang jika Anda tak yakin bisa melakukannya.

    3. Memperbarui lantai

    Mengganti karpet atau ubin di rumah adalah cara yang tepat untuk mengubah tampilan rumah Anda. Jika Anda ingin menggantinya dengan lantai dari kayu laminasi, maka pertimbangkan hal ini.

    Pertama, perubahan warna yang terjadi pada warna kayu setelah beberapa waktu. Pastikan Anda melekat kayu laminasi dengan baik agar menempel dengan baik.

    Saat mengaplikasikan lantai laminasi, tutup dengan lapisan pelindung untuk menghindari terjadinya perubahan warna.

    4. Mengganti kabinet dapur

    Menyegarkan tampilan dapur dengan mengganti kabinet dengan rak terbuka, mungkin jadi pilihan Anda. Namun pertimbangkan beberapa hal ini.

    Penggunaan kabinet tertutup cocok bagi Anda yang tidak rutin bersih-bersih karena semua peralatan bisa disembunyikan di balik lemari.

    Dengan rak terbuka, biaya yang Anda keluarkan lebih murah. Selain terlihat trendi, Anda juga dengan mudah mencari barang atau peralatan dapur.

    Namun, Anda harus sering membersihkan karena debu mudah menempel. Karena rak ini terbuka, pastikan bahwa peralatan dapur Anda layak untuk diperlihatkan.

    5. Membuat kolam renang

    Membuat kolam renang di rumah butuh pertimbangan panjang. Namun, seberapa sering Anda menggunakan kolam renang adalah pertanyaan paling dasar yang harus dijawab.

    Jika Anda jarang menggunakan, perhatikan biaya memasang, perawatan, dan keamanan terutama bagi yang memiliki annak kecil dan hewan peliharaan.

    Jika Anda sering menggunakan, perawatan dan pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan juga harus menjadi pertimbangan.

    Saat merenovasi rumah, sebaiknya tentukan bagian mana saja yang perlu Anda prioritaskan. Pertimbangkan dengan matang area-area yang harus segera direnovasi karena bila semuanya dilakukan bersamaan tanpa ada persiapan akan memberatkan Anda.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id