Mudah Kotor, 10 Benda di Kamar Ini Wajib Dibersihkan

    Rizkie Fauzian - 25 Juli 2021 12:48 WIB
    Mudah Kotor, 10 Benda di Kamar Ini Wajib Dibersihkan
    10 benda di kamar tidur yang menyimpan bakteri. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Kamar tidur merupakan salah satu ruang pribadi yang wajib Anda jaga kebersihannya. Mengganti seprai, mengelap meja rias, hingga mengepel kamar tidur mungkin telah Anda lakukan setiap hari.

    Meskipun telah Anda bersihkan setiap hari, namun ada beberapa area yang di kamar tidur yang luput dibersihkan. Padahal area tersebut bisa jadi lebih kotor dari yang lain.

     



    Berikut adalah 10 tempat rahasia di kamar tidur Anda yang lupa untuk dibersihkan dan menyimpan kuman dan bakteri, dikutip The Spruce

    1. Bantal

    Setelah hari yang panjang dan berat, Anda mungkin menghela nafas lega ketika kepala Anda menyentuh bantal. Sayangnya, bantal dengan cepat menumpuk bakteri, spora jamur, dan tungau debu.

    Bantal harus diganti setidaknya setahun sekali jika tidak bisa dicuci. Gunakan penutup anti alergi untuk melindungi bantal Anda, dan ganti sarung bantal setiap beberapa hari.

    Bantal yang telah lama digunakan biasanya memiliki bentuk yang tak karuan dan membuat tidur Anda kurang nyaman. Sebaiknya segera ganti segera.

    2. Tanaman

    Mudah Kotor, 10 Benda di Kamar Ini Wajib Dibersihkan
    Meski tanaman membantu membersihkan udara, namun jika Anda menyiramnya secara berlebihan maka akar tanaman menjadi busuk dan kemungkinan tumbuh jamur. 

    Solusinya siram tanaman hias hanya di bagian ketika tanahnya benar-benar kering, dan jangan pernah membiarkan air tergenang. Penting juga untuk memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran kamar, dan kondisi ruangan. 

    3. Hewan peliharaan

    Meski memiliki tempat tidur sendiri, namun hewan peliharaan cenderung naik ke tempat tidur Anda. Tentu saja bulu-bulu yang menempel di seprai, selimut bisa meninggalkan jamur dan bakteri.

    Berikan teman berkaki empat Anda tempat tidur sendiri di samping tempat tidur Anda untuk menghindari mengotori seprai dan selimut Anda.

    4. Penyedot debu

    Mudah Kotor, 10 Benda di Kamar Ini Wajib Dibersihkan
    Meskipun penyedot debu adalah cara termudah untuk mengatasi debu di kamar tidur, namun jika penyedot debu Anda tanpa filter HEPA sama saja dengan menyemprotkan kembali kotoran tersebut ke udara kamar tidur. 

    Cari penyedot debu dengan filter HEPA yang mengandung partikel terkecil sekalipun, jika penyedot debu menggunakan kantong, pastikan juga terbuat dari bahan HEPA.

    5. Humidifier

    Meskipun humidifier bagus untuk mengurangi melembabkan udara, namun jika Anda lupa mengganti air setiap hari atau tidak membersihkannya secara teratur maka akan menimbulkan jamur. Sebaiknya ganti air humidifier setiap hari dan bersihkan secara menyeluruh setidaknya sekali seminggu.
     

    Halaman Selanjutnya
    6. Kasur  Mudah Kotor, 10 Benda di Kamar Ini Wajib DibersihkanRead All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id