5 Cara Menghilangkan Debu di Rumah

    Rizkie Fauzian - 09 Oktober 2021 14:26 WIB
    5 Cara Menghilangkan Debu di Rumah
    Tips membersihkan debu di rumah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Debu merupakan masalah yang kerap mengganggu di rumah karena mempengaruhi kesehatan. Bagi penderita alergi, debu bisa mengganggu pernafasan.

    Sayangnya, meski telah membersihkan rumah setiap hari, namun sulit untuk menghilangkan debu. Berikut ini tips membersihkan debu dari rumah.

    1. Mencuci seprai secara rutin

    Mencuci seprai secara berkala ternyata bisa mengurangi jumlah debu di rumah. Sel kulit mati yang menempel pada seprei bisa menjadi debu yang mengganggu kesehatan.
     
    Cucilah seprai seminggu sekali, agar partikel debu yang menempel tidak menyebar melalui udara dan terhirup langsung oleh penghuni rumah.

    2. Mengepel lantai setiap hari

    5 Cara Menghilangkan Debu di Rumah
    Rajin mengepel bisa membantu membersihkan debu di rumah. Menyapu lantai terkadang hanya memindahkan debu dari satu tempat ke tempat lain.
     
    Oleh karena itu, penggunaan lap pel basah bisa membantu menghilangkan lebih banyak debu. Anda juga bisa membersihkan meja dan peralatan furnitur lainnya dengan lap mikrofiber basah.

    3. Nyalakan air purifier

    Saat ini, penggunaan air purifier atau pembersih udara mulai berkembang. Tak hanya sekadar tren, penggunaannya baik  untuk mengatasi partikel debu yang berterbangan.
     
    Penggunaan air purifier juga mencegah debu menempel di rumah. Selain itu, bentuk dan wanginya juga membuat tampilan rumah semakin nyaman.

    4. Jangan lupa mandikan hewan peliharaan

    5 Cara Menghilangkan Debu di Rumah
    Bagi yang memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya dimandikan secara teratur. Selain membuat hewan peliharaan sehat, langkah tersebut juga membuat penghuni rumah yang lain lebih sehat. Hewan peliharaan bisa menjadi penyebab banyak debu yang berasal dari bulu dan kulit. 

    5. Kurangi perabot rumah

    Bukan rahasia lagi, jika pernak-pernik di rumah menjadi lokasi tumpukan debu. Misal, hiasan dinding, beragam keramik pemanis meja sudut, patung, action figur, dan lainnya. Repotnya lagi, bagian sela-sela pernak-pernik tersebut sulit dijangkau sehingga debu sulit dibersihkan.
    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id