Hanya 15 Menit, Dapur di Rumah Bisa Kinclong

    Rizkie Fauzian - 30 Maret 2021 09:41 WIB
    Hanya 15 Menit, Dapur di Rumah Bisa Kinclong
    Tips membersihkan dapur dengan mudah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Dapur merupakan area di rumah yang memerlukan ekstra perhatian. Tak hanya menyajikan makanan, dapur juga menjadi tempat berkumpul keluarga.

    Untuk itu, menjaga kebersihan dapur sangatlah penting dan harus dilakukan setiap hari. Jangan menunda membersihkan dapur setelah menggunakannya.






    Meski Anda lelah, bersihkan dapur dengan segera. Tak perlu risau, hanya dalam 15 menit Anda bisa membersihkan dapur di rumah. Berikut ini caranya dilansir The Spruce.

    Bahan yang dibutuhkan

    1. Tempat sampah
    2. Kain pel
    3. Sabun cuci piring
    4. Baking soda
    5. Spons
    6. Sapu
    7. Pembersih dapur

    Cara membersihkan dapur secara efisien

    1. Kumpulkan perlengkapan

    Jangan meremehkan langkah ini. Mengumpulkan peralatan untuk membersihkan bisa memakan waktu. Untuk itu, kumpulkan dahulu sebelum Anda membersihkan dapur.

    2. Cuci piring dan peralatan masak

    Cuci semua peralatan bekas makan, seperti piring, sendok, gelas terlebih dahulu. Peralatan makan biasanya memiliki sedikit noda dibanding peralatan masak.

    Setelah itu, cuci semua peralatan masak, seperti wajan, panci, spatula dengan bersih. Jika ada peralatan yang berminya, Anda bisa menggunakan air hangat pada sabun.

    Jika peralatan masak meninggalkan noda yang sulit seperti kerak, Anda bisa gunakan baking soda.

    3. Bersihkan wastafel dengan air sabun panas

    Setelah mencuci semua peralatan, jangan lupa untuk membersihkan wastafel. Anda bisa menggunakan sabun yang dicampur dengan air panas.

    Jangan lupa gosok pinggiran wastafel agar tak ada noda yang tersisa dari bekas cucian peralatan Anda. Penting menjaganya bersih, agar bakteri dan kuman tidak menjalar ke bagian dapur lain.

    4. Lap meja dan kompor

    Bersihkan kompor dari sisa-sisa makanan bekas masak. Biasanya kompor terkena cipratan minyak hingga masakan. Gunakan pembersih kompor atau Anda bisa menggunakan sabun, namun harus Anda bilas.

    Setelah itu, lap meja di dapur dengan pembersih khusus, atau air biasa. Jangan lupa keringkan dengan lap.

    5. Bersihkan sampah

    Saat memasak terutama dalam jumlah besar, pasti tempat sampah di dapur Anda menumpuk. Jangan lupa untuk membuangnya, menumpuk sampah bisa mengundang bakteri dan kuman.

    6. Sapu dan pel

    Proses terakhir adalah menyapu lantai dan mengepelnya. Ini sangat penting karena setelah memasak pasti banyak sampah dan noda di lantai dapur Anda. jangan lupa untuk mengepel agar lantai semakin bersih.

    Tips membersihkan dapur


    Jika Anda memiliki anggota keluarga yang banyak dan dapur yang luas, tentu pekerjaan semakin sulit. Namun, hal tersebut justru menjadi keuntungan. Ajak anggota keluarga Anda untuk bertanggung jawab membersihkan dapur.

    Membersihkan dapur setelah makan adalah urusan keluarga. Bagilah tugas antara anggota keluarga agar membersihkan dapur bisa dilakukan dalam waktu singkat.

    Biasakan anggota keluarga untuk mencuci piring mereka sendiri setelah makan. Tindakan sederhana ini bisa membuat pekerjaan di dapur jadi lebih mudah.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id