Tips Membuat Home Theater di Rumah

    Rizkie Fauzian - 08 Juni 2020 14:58 WIB
    Tips Membuat <i>Home Theater</i> di Rumah
    Membuat home theater di rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Menonton film di bioskop mungkin satu dari sekian kegiatan yang paling dirindukan selama adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    Meski pemerintah telah melonggarkan aturan tersebut, namun masih banyak masyarakat yang membatasi diri untuk keluar rumah, apalagi menonton di bioskop.

    Nah, buat yang ingin nonton film ala studio, Anda bisa membuat home theater sendiri di rumah. Tak memerlukan budget tinggi, hanya sedikit kreativitas.

    Klik di sini untuk membeli

    1. Manfaatkan Ruang

    Jika rumah Anda punya ruang tak terpakai atau garasi yang tak pernah digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang khusus untuk menonton.
     
    Anda juga bisa memanfaatkan kamar tidur tamu atau gudang yang memiliki ruang tertutup dan minim pencahayaan sinar matahari.

    2. Perhatikan Cahaya

    Seperti yang sudah dibahas di poin pertama, penggunaan ruang yang tertutup dan minim cahaya sangat penting. Tujuannya agar ruangan menonton lebih terlihat maksimal.

    Usahakan memiliki ruang dengan jendela sedikit atau kecil. Hal ini bertujuan agar meminimalkan adanya distorsi akibat cahaya.

    3. Dinding

    Penggunaan dinding yang kedap suara paling baik untuk menciptakan ruangan menonton di rumah. Namun, dinding biasa pun bisa Anda maksimalkan.

    Kurangi perabot kaca yang dapat memantulkan suara atau dapat mengganggu suara. Pilih warna dinding gelap untuk menciptakan ruang yang mirip studio.

    Klik di sini untuk membeli

    4. Pemasangan Speaker

    Ada banyak hal yang harus dipikirkan ketika merancang sistem suara. Misalnya, berapa banyak speaker yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kualitas suara.

    5. Desain

    Desain yang nyaman sangat diperlukan untuk menciptakan studio sendiri dirumah. Penempatan kursi, tempat camilan, dan sebagainya harus diatur dengan sedemikian rupa.

    Anda juga bisa menambahkan karpet di dalam ruangan. Sleain menambah kesan nyaman dan hangat, karpet juga membantu menahan kebisingan dan mencegah gema.

    Klik di sini untuk membeli

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id