Rumah Sejuk Tanpa AC, Begini Caranya

    Rizkie Fauzian - 23 Juli 2021 15:00 WIB
    Rumah Sejuk Tanpa AC, Begini Caranya
    Tips bikin sejuk rumah tanpa AC. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Menggunaan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) adalah solusi paling praktis saat udara di rumah panas. Namun, penggunaan AC terus-menerus membuat tagihan listrik membengkak.

    Untuk itu diperlukan cara mendinginkan ruangan tanpa bantuan AC atau mengurangi penggunaannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan di rumah.

    1. Warna cat cerah

    Warna cerah pada dinding rumah dipercaya memberikan efek yang menyejukkan ruangan. Pilihlah warna putih, atau kuning pastel yang mencerahkan.

    2. Kerai bambu

    Kerai bambu sangat baik dalam menjaga kesejukan ruangan, sekaligus berfungsi dekoratif. Kerai bambu berfungsi menghalau cahaya matahari, sehingga Anda tetap nyaman meski sedang terik.

    3. Tirai tebal

    Pilih tirai tebal untuk menghalau panas dari luar akibat sinar matahari. Pilih tirai dengan warna netral untuk mengurangi panas dalam ruangan.

    4. Lapisi jendela

    Lapisi jendela dengan kaca film. Kaca film pada dasarnya memantulkan sinar matahari dan mencegah panas masuk ke dalam ruangan.

    6. Pasang kanopi

    Solusi lain adalah memasang kanopi di atas jendela. Keberadaan kanopi untuk mengurangi paparan sinar matahari ke dalam ruangan.

    7. Tanam pohon

    Sebagai solusi jangka panjang, pertimbangkan untuk menanam pohon di depan jendela. Rindangnya pohon dapat mencegah sinar matahari masuk ke ruangan dan memberikan keteduhan.

    8. Exhaust fan

    Anda bisa menggunakan exhaust fan untuk area dapur dan kamar mandi. Exhaust fan berfungsi membuang udara panas setelah dan  uap panas dari kamar mandi.
    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id