Dear Milenial, Pilih Mengontrak atau Cicil Rumah?

    Rizkie Fauzian - 14 September 2021 11:00 WIB
    <i>Dear</i> Milenial, Pilih Mengontrak atau Cicil Rumah?
    Pertimbangan mengontrak atau cicil rumah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Memiliki rumah pribadi tentu menjadi keinginan setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Namun, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan saat membeli rumah.
     
    Kenaikan harga properti dari tahun ke tahun menjadi pertimbangan sulit bagi milenial untuk membeli rumah, maka pilihannya mengontrak atau mulai mencicil rumah terlebih dahulu.

    Sewa rumah 

    Ahli Properti dan Pembiayaan Pinhome Vina belum menyarankan para fresh graduate atau milenial yang baru memasuki dunia kerja untuk menyewa properti. 

    "Jika belum mencukupi secara finansial, aku menyarankan sewa aja dulu. Apalagi saat ini kita sudah bisa sewa apartemen atau sewa rumah (untuk tinggal) bareng teman-teman," katanya.

     



    Ada beberapa pertimbangan jika Anda ingin mengontrak atau sewa rumah. Misalnya, Anda harus mengetahui hingga kapan akan mengontrak. Jika terlalu lama hanya akan menambah pengeluaran, namun Anda tak memiliki aset.

    Selain itu, pastikan jika harga sewanya setengah dari penghasilan tahunan. Jarak dari kontrakan harus dekat dengan kantor Anda untuk mengurangi biaya.

    Cicil rumah

    Jika ingin menyicil rumah, maka milenial harus berkomitmen penuh karena membeli rumah bukan hal mudah. Pastikan alasan Anda membeli rumah, jangan hanya demi gengsi.

    Membeli rumah membutuhkan persiapan kuat secara finansial. Membeli rumah secara kredit membutuhkan komitmen untuk jangka panjang. Oleh karena itu kondisi finansial Anda harus kuat.
     
    "Belajar mencicil budget DP selama satu atau dua tahun dengan menyisihkan sekian persen dari gaji rutin setiap bulan," jelasnya.
     
    Misalnya, pisahkan 30 persen dari gaji setiap bulan lalu ditaruh di tabungan. Tujuannya untuk melatih kedisiplinan dalam menabung.
     
    "Setelah menabung, kalau sudah berhasil, sudah bisa nabung, kita sudah punya gambaran berapa jumlah (uang) yang akan dikeluarkan. Bedanya, kalau di awal-awal kita nabung untuk DP rumah, maka setelah itu kita sisihkan uang untuk bayar cicilannya," ungkap Vina.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id