comscore

Agar Tak Cepat Rusak, Begini Cara Membersihkan Karpet dengan Vacuum Cleaner

Rizkie Fauzian - 28 Januari 2022 14:14 WIB
Agar Tak Cepat Rusak, Begini Cara Membersihkan Karpet dengan <i>Vacuum Cleaner</i>
Tips membersihkan debu di karpet. Foto: Shutterstock
Jakarta: Membersihkan debu di rumah memang bukan pekerjaan yang mudah, terutama jika Anda menggunakan karpet. Salah satu cara yang digunakan untuk membersihkan debu dari karpet adalah menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Beberapa orang tak menyedot debu setiap hari karena alasan menjaga kualitas serat karpet. Karpet biasanya dibersihkan dengan penyedot debu secara teratur agar rumah tetap terasa bersih. 
Lantas seberapa sering Anda membersihkan karpet dengan penyedot debu? Anda termasuk membersihkan debu setiap hari atau justru jarang dibersihkan?

Dilansir dari The Spruce, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet dari debu dengan menggunakan vacuum cleaner.

1. Pilih vacuum cleaner 

Agar Tak Cepat Rusak, Begini Cara Membersihkan Karpet dengan <i>Vacuum Cleaner</i>
Tips membersihkan debu di karpet. Foto: Shutterstock

Memilih vacumm cleaner yang tepat adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Beberapa vacuum memiliki pengaturan yang berbeda, hal ini tentu dapat mempengaruhi cara membersihkannya di karpet. 

Jika disetel terlalu rendah, misalnya, Anda dapat merusak karpet atau sikat rol vakum dan sabuk penggerak. Di sisi lain, penyedot debu yang terlalu tinggi juga tidak akan mengangkat kotoran. 

Jika Anda tidak yakin seberapa tinggi atau rendah Anda menyedot debu, nyalakan pada setelan tertinggi lalu turunkan hingga Anda dapat merasakan penyedot debu menarik karpet.

Pilih penyedot debu dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) untuk menjebak debu, bulu, spora, dan bakteri. Filter HEPA mencegah debu menempel kembali di lantai dan permukaan seperti kain pelapis.

2. Perhatikan penggunaannya

Dalam hal menyedot debu, ada beberapa aturan yang harus diterapkan, salah satunya jangan digunakan pada tempat basah dan dekat tempat sampah.

Selain itu, hindari juga tempat-tempat kotor yang memiliki batu batu, koin, dan benda lain ini yang dapat menyebabkan kerusakan atau tersangkut di bagian dalamnya. 

3. Waktu menyedot debu 

Agar Tak Cepat Rusak, Begini Cara Membersihkan Karpet dengan <i>Vacuum Cleaner</i>
Tips membersihkan debu di karpet. Foto: Shutterstock

Umumnya, karpet tahan untuk disedot beberapa kali seminggu tanpa mengalami kerusakan. Maka Anda tak perlu khawatir bahwa menyedot debu setiap hari bisa merusak karpet.

Frekuensi membersihkan debu di karpet dengan vacuum cleaner tergantung aktivitas penghuninya. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya sedot debu setiap hari.

Jika tidak ada, Anda bisa menyedot debu di karpet dua kali seminggu. Selain itu, tetapkan waktu untuk menyedot debu di karpet secara rutin.

4. Gunakan pelindung karpet 

Untuk melindungi karpet Anda, disarankan untuk menyedot debu di area pintu masuk dan tempat yang paling sering digunakan minimal dua kali seminggu, dan sisanya setidaknya setiap minggu. 

Jika Anda khawatir karpet Anda akan rusak, pertimbangkan untuk membeli semprotan pelindung karpet. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id