5 Bahan Dapur Ini Bisa Usir Tikus

    Rizkie Fauzian - 07 April 2021 12:25 WIB
    5 Bahan Dapur Ini Bisa Usir Tikus
    Ilustrasi. Foto: AFP.



    Jakarta: Tikus adalah hewan pengerat yang kerap bersarang di dalam rumah dan membawa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk mengusirnya, banyak cara yang bisa Anda lakukan.

    Namun sebelumnya Anda bisa melakukan inspeksi sumber atau tempat bersarangnya tikus. Biasanya, tikus akan betah menghuni tempat yang memiliki ketersediaan makanan dan tempat aman untuk bersarang.






    Cegahlah dengan memeriksa lubang-lubang di rumah yang memungkinkan tikus masuk dan bersarang di rumah dan jaga kebersihan dengan membuang sampah secara berkala. Anda bisa mengusirnya dengan racun atau bahan alami.

    Menurut beberapa ahli, cara mengusir tikus yang lebih efektif adalah dengan menggunakan racun atau perangkap. Meski demikian, penggunaan bahan-bahan alami bisa tetap digunakan, hanya saja efektivitasnya belum 100 persen.

    Untuk alasan kesehatan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini:

    1. Lada

    Lada juga bisa digunakan untuk mengusir tikus, bau lada yang menyengat dapat membuat tikus takut untuk mendekat. Jadi Anda bisa menaburkan lada di sudut ruang rumah atau tempat biasa di mana tikus terlihat.

    2. Daun kemangi

    Selain enak dimakan untuk lalapan, daun kemangi ternyata juga ampuh untuk mengusir tikus dari dalam rumah. Anda cukup menebarkan daun kemangi di area yang sering dilewati tikus, maka tikus pun akan pergi.

    3. Kantung teh

    Tikus tidak menyukai bau yang menyengat. Kandungan peppermint pada kantung bekas teh bisa menyebabkan iritasi pada hidung sehingga tikus akan pergi.

    Anda bisa menaruh kantung teh pada sarang atau tempat yang biasanya dilewati oleh tikus.

    4. Bawang

    Selain dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, bawang merah dan putih ternyata juga bisa mengusir tikus. Bau bawang yang menyengat dapat membuat tikus kabur dan tidak akan kembali lagi.

    5. Cuka

    Cuka juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya sederhana, teteskan cuka di sudut ruangan atau pun lubang tempat tikus berada. Tikus sangat tidak suka dengan aroma cuka yang menyengat.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id