5 Cara Mengecat Dinding Rumah Sendiri Jelang Lebaran

    Rizkie Fauzian - 04 Mei 2021 12:35 WIB
    5 Cara Mengecat Dinding Rumah Sendiri Jelang Lebaran
    Tips mengecat dinding tanpa bantuan tukang. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Rumah lebih fresh menjelang Lebaran bisa dilakukan dengan mengecat dinding. Tak perlu renovasi besar-besaran, dengan perubahan kecil saja, tampilan rumah bisa lebih indah saat Lebaran.

    Anda juga tak perlu menyewa tukang bangunan untuk mengecat dinding rumah. Jika terlalu berat, cat satu bagian dinding saja, tak perlu seluruh rumah untuk membuat rumah lebih cantik.






    Jika Anda berniat mengecat dinding sendiri, berikut ini beberapa langkah untuk memudahkan proses mengecat dinding.

    1. Siapkan peralatan

    Siapkan dahulu peralatan yang akan digunakan, seperti bak cat, kaleng air, kuas, roller, lakban, masking tape, koran, hingga tangga.

    2. Bersihkan dahulu tembok

    Sebelum mengecat, bersihkan terlebih dahulu tembok rumah dari debu kotoran ataupun permukaan yang tidak rata. 

    Saat membersihkan tembok, Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun spons basah. Dinding yang bersih bisa meminimalisir terjadinya gumpalan ketika di cat ulang.

    3. Tutup bagian yang tidak ingin dicat

    Tandai bagian tembok rumah yang tidak ingin dicat, dengan cara diselotip bagian-bagian yang tidak ingin terkena cat. Biasanya bagian yang tidak ingin terkena cat adalah tepi plafon atau bagian bawah tembok.
     
    Jangan lupa untuk menaruh kain kotor ataupun kertas koran tidak terpakai pada bagi keramik rumah, hal tersebut sengaja dilakukan untuk menghindari tetesan cat dinding.

    4. Tutup retakan

    Jika ada tembok yang retak, sebaiknya Anda tutup dulu dengan menggunakan dempul kemudian ratakan menggunakan amplas hingga permukaannya rata.

    Setelah ini poleskan primer cat pada tembok yang telah rata. Setelah itu bisa Anda cat kembali.

    5. Perhatikan cat

    Sebelum menggunakan cat, pastikan bahwa Anda telah mengaduknya untuk menghindari gumpalan. Selain itu, untuk membuat cat lebih tahan lama, pastikan Anda mencampurnya dengan water base atau wall sealer.

    6. Mengecat tembok dengan arah yang sama

    Cara yang benar ketika mengecat tembok adalah dilakukan dengan arah yang sama, baik vertikal ataupun horizontal. Hal itu dilakukan agar cat tidak menggumpal, tidak berantakan dan tampak rata.

    Tips mengecat

    Jika warna dinding sebelumnya putih, Anda bisa langsung mengecat dengan warna baru. Namun, jika warna lain sebaiknya tembok atau dinding diamplas terlebih dahulu agar warna baru lebih keluar dan jelas. 

    Menggunakan roller cat mempersingkat pekerjaan, namun untuk sudut-sudut ruangan biasanya sulit terjangkau. Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk mengecat bagian tersebut dengan rapi dan mendapatkan hasil yang sempurna.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id