7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

    Rizkie Fauzian - 18 Juli 2021 13:45 WIB
    7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias
    Manfaat mendekorasi rumah dengan tanaman. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Mendekorasi rumah dengan tanaman hias menjadi semakin populer dan ternyata memberikan berbagai manfaat bagi fisik maupun mental.

    Biophilia, istilah yang dipopulerkan pada 1980-an oleh ahli biologi Edward Wilson, mengacu pada kecenderungan bawaan manusia untuk mencari hubungan dengan alam dan makhluk hidup lainnya sebagai hasil evolusi. 

     



    Memiliki tanaman hias dapat memiliki efek positif pada kualitas udara, suasana hati, dan bahkan kesehatan mental. Berikut ini tujuh manfaat dekorasi rumah dengan tanaman, dikutip The Spruce.

    1. Tanaman memurnikan udara

    7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias
    Tanaman sangat baik dalam menghilangkan racun dari udara dan meningkatkan kualitas udara. Studi oleh NASA telah menemukan bahwa tanaman dapat menghilangkan lebih dari 80 persen volatile organic compounds (VOCs)  setiap 24 jam. 

    VOCs adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan di banyak barang rumah tangga (seperti cat, karpet, mainan, dan lainnya) yang menguap dan mengganggu kualitas udara, dan dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penghuninya. 

    VOCs umum termasuk formaldehida, aseton, etanol, butanol, dan benzena, yang semuanya dapat ditemukan di bangunan modern. Satu tanaman besar atau dua tanaman kecil bisa meningkatkan kualitas udara secara nyata.

    2. Membantu meningkatkan mood

    Tanaman juga dapat berdampak positif pada suasana hati Anda. Sebuah badan penelitian menunjukkan hubungan antara peningkatan suasana hati dan keberadaan tanaman. 

    Satu studi, khususnya, menemukan bahwa interaksi aktif dengan tanaman dapat membantu mengurangi stres. Ini berkat mikroba kecil, dijuluki "outdoorphins", yang ada di tanaman dan tanah yang bertindak sebagai antidepresan alami.

    3. Tanaman meningkatkan produktivitas

    7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias
    Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman hias membantu meningkatkan produktivitas sebanyak 70 persen. Karyawan di kantor yang didekorasi dengan tanaman ternyata lebih sedikit mengambil sakit.

    Demikian pula, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa ketika ruang kelas didekorasi dengan tanaman, menunjukkan tingkat perhatian dan kehadiran yang lebih besar daripada di ruang kelas tanpa tanaman.

    4. Membantu kesehatan mental

    Terapi tanaman bukan hanya kata-kata saja, itu adalah hal yang nyata. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa tidak adanya tanaman akan memicu stres, kecemasan, dan bahkan depresi. 

    Menghabiskan waktu di ruang dengan banyak tanaman dapat memiliki efek terapeutik dan menyebabkan perasaan tenang dan mengurangi stres. Merawat tanaman hias juga telah terbukti membantu mengurangi perasaan kesepian dan depresi serta menanamkan rasa pencapaian dan tujuan.

    5. Mengurangi kebisingan 

    7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias
    Selain efeknya pada kesehatan mental dan fisik, tanaman hias juga memiliki beberapa manfaat nyata termasuk mengurangan kebisingan. 

    Jika Anda tinggal di gedung apartemen yang bising atau di sebelah jalan raya yang ramai, mendekorasi rumah dengan tanaman mungkin jawabannya! 

    Tanaman mengurangi kebisingan melalui penyerapan suara, yang terjadi berkat luas permukaannya yang dinamis. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas tanaman untuk pengurangan kebisingan antara lain jumlah tanaman, ukuran tanaman, kerapatan daun, dan luas permukaan tanaman.

    6. Meningkatkan kelembaban dan mengatur suhu

    Meskipun diketahui bahwa tanaman luar ruangan dapat membantu mengatur suhu di rumah Anda dengan memberikan keteduhan, tanaman hias sebenarnya dapat membantu mengatur suhu di rumah Anda juga. 

    Melalui fotosintesis, tanaman mengeluarkan uap air ke udara, yang dapat membantu mendinginkan dan menghangatkan ruangan tergantung pada suhu. 

    Di ruangan yang dingin, kelembapan tambahan membuat udara terasa lebih hangat karena udara lembab menahan lebih banyak panas sedangkan, di ruangan yang hangat, penelitian menemukan bahwa menambahkan tanaman dapat menurunkan suhu hingga 10 derajat. 

    Menjaga daun tanaman hias Anda bersih dan bebas dari debu penting untuk memastikan bahwa mereka dapat berfotosintesis dengan baik dan terus melepaskan uap air ke udara.

    7. Membuat dekorasi rumah lebih cantik

    7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias
    Catatan penting yang tidak boleh dilupakan adalah tanaman hias terlihat bagus dan merupakan pilihan dekorasi rumah yang hemat anggaran.

    Tanaman seperti seni hidup dan membawa karakter alami ke ruang mana pun. Menambahkan tanaman hias ke hampir semua ruangan di rumah Anda dapat membuat ruangan tampak lebih besar dan lebih hangat.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id