7 Cara Membasmi Tungau Debu di Rumah

    Rizkie Fauzian - 09 April 2021 10:37 WIB
    7 Cara Membasmi Tungau Debu di Rumah
    Cara membasmi tungau debu di rumah. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Rumah yang jarang dibersihkan bisa membuat debu menumpuk dan mengancam kesehatan penghuninya. Tungau debu adalah serangga kecil yang tidak menyebarkan penyakit, namun memperburuk alergi dan asma.

    Tungau debu biasanya ditemukan di area yang sering digunakan seperti kasur, sofa, hingga karpet yang jarang dicuci secara teratur. Tungau debu juga cepat berkembang biak di tempat yang lembab.






    Untuk itu, Anda perlu membersihkan rumah setiap hari untuk menghilangkan tungau debu. Berikut ini sembilan cara membasmi tungau debu dari rumah, dikutip The Spruce.

    1. Bersihkan tempat tidur

    Tempat tidur sangat hangat dan lembab sehingga menjadi tempat berkembang biak bagi tungau debu. Ini sebabnya Anda harus mengganti seprai dan membersihkan tempat tidur secara berkala.

    Cuci sprei, selimut hingga sarung bantal dan guling dengan air hangat untuk membunuh tungau debu. Keringkan untuk memastikan tungau mati, dan jemur di terik matahari.

    2. Gunakan pelindung kasur

    Salah satu cara termudah untuk mengendalikan tungau debu adalah dengan menambahkan penutup atau pelindung kasur dan bantal Anda. Gunakan bahan yang khusus anti alergi. 

    Biasanya bahan seperti ini memiliki tenunan rapat dan ukuran pori yang kecil sehingga tungau debu sulit untuk masuk ke dalam tempat tidur.

    Meski Anda menggunakan pelindung anti alergi, membersihkan tempat tidur tetap harus dilakukan setiap hari.

    3. Bersihkan karpet

    Karpet adalah tempat bermain bagi tungau debu karena banyak sel kulit mati yang menempel di atasnya. Karpet juga lebih sulit dibersihkan daripada lantai. 

    Jika anggota keluarga di rumah Anda memiliki alergi yang parah, ganti karpet dengan kayu laminasi, ubin, atau vinil yang bisa di lap dengan mudah. 

    Jika karpet di rumah sulit dilepas, gunakan penyedot debu yang menggunakan HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter atau pembersihan uap yang bisa membunuh tungau debu.

    4. Menjaga suhu rungan

    Tungau debu menyukai ruangan yang hangat, untuk itu dengan menjaga ruangan tetap dingin Anda bisa mencegah berkembang biaknya tungau.

    5. Kurangi kelembaban di rumah

    Tungau debu menyukai kelembapan. Untuk membantu mengendalikan tungau debu, Anda bisa menggunakan dehumidifier, membuka jendela, memeriksa ventilasi, menggunakan exhaust fan di dapur dan kamar mandi.

    6. Ganti dan cuci tirai

    Tirai harus dicuci dan diganti dengan berkala, terutama di area kamar tidur. Ganti gorden tebal dengan yang lebih tipis dan mudah dicuci.

    7. Kurangi barang

    Semakin banyak barang yang Anda pajang semakin banyak pula permukaan yang berdebu. Simpan barang koleksi di kotak tertutup atau lemari penyimpanan kaca.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id