6 Tips Renovasi Rumah Hemat Bujet

    Rizkie Fauzian - 30 Oktober 2020 17:33 WIB
    6 Tips Renovasi Rumah Hemat Bujet
    Tips renovasi rumah agar hemat biaya. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Merencanakan renovasi rumah tentu banyak pertimbangan, mulai dari waktu hingga biaya. Dengan perencanaan yang tepat, proses renovasi seharusnya bisa berjalan dengan lancar.

    Selain kelancaran dalam renovasi, hal lain yang diharapkan tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih murah alias low budget.

    Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk merenovasi rumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat biaya saat merenovasi rumah dikutip dari laman Lamudi.

    1. Tentukan konsep

    Tentukan dahulu bagian rumah mana saja yang ingin kita renovasi/perbaiki, bagaimana desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak.
     
    Bila ingin menggunakan material lama tentu harus dibongkar secara hati-hati agar tidak rusak. Sedangkan menentukan desain berguna agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan.

    Karena bila hasil tidak sesuai, kita harus membongkarnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan mengetahui konsep dengan matang juga membantu tukang mengerjakan dengan lebih cepat.

    2. Tentukan bahan bangunan

    Bila memang dana kita terbatas, carilah bahan material yang lebih murah dengan kualitas menengah. Bahan material merupakan pengeluaran termahal ketika merenovasi rumah.
     
    Namun, ada beberapa bagian dalam renovasi rumah Anda tidak bisa kompromi untuk masalah harga dan kualitas, di bagian tersebut Anda harus menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang lebih mahal, seperti pada bagian pondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan, dan rangka atap.
     
    Dapat dibayangkan bila pada bagian tadi terjadi kebocoran atau rusak, tentu kita harus membongkar lagi yang berarti perlu mengeluarkan uang lagi. Untuk cat eksterior juga disarankan menggunakan kualitas baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, teriknya matahari atau udara lembab.

    3. Pilih pembayaran tukang

    Cara pembayaran tukang umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian. Bila memang kita sudah pasti apa yang akan direnovasi dan kita sudah mengetahui konsep renovasi rumah secara matang, maka lebih baik kita menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, bila konsep renovasi kita belum jelas kita dapat membayar tukang secara harian.

    4. Pilih waktu yang tepat

    Renovasi rumah sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

    5. Lakukan bertahap

    Renovasi besar terkadang mendorong Anda untuk mengungsi ke tempat lain yang berarti harus mengeluarkan anggaran untuk menyewa rumah. Untuk menghemat biaya, sebaiknya renovasi dilakukan bertahap. Misalnya, renovasi dapur terlebih dahulu. Kemudian, taman belakang, ruang tamu, dan seterusnya.

    6. Bekerja sama

    Menghadapi semua beban sendirian justru akan membuat Anda semakin stres. Sebaiknya hadapi ini secara bersama dengan pasangan atau seluruh anggota keluarga.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id