Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah

    Rizkie Fauzian - 17 April 2021 12:08 WIB
    Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah
    5 kesalahan dalam membersihkan rumah yang perlu dihentikan. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Ketika membersihkan rumah, Anda akan menggunakan metode yang sama secara berulang-ulang meski cara tersebut tak membuahkan hasil. Misalnya menggunakan spons untuk membersihkan seluruh area dapur.

    Meski cara tersebut lebih mudah, namun nyatanya kurang efektif karena membuat bakteri dan kuman menyebar ke area lainnya di dapur. Dikutip dari Hunker, berikut ini kebiasaan membersihkan rumah yang sebaiknya Anda hentikan.

    1. Tak semua bisa dibersihkan dengan spons

    Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru SalahStop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah
    Spons menjadi alat pembersih yang disukai semua orang karena mudah pemakaian. Daya serapnya membantu pekerjaan bersih-bersih menjadi lebih cepat.






    Namun, tahukah Anda jika spons terlalu sering digunakan maka bakteri seperti jamur dan lumut bisa tumbuh di dalamnya. Hal tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan.

    Spons yang bertugas membersihkan justru menyebarkan bakteri ke rumah Anda. Anda bisa menggantinya secara berkala untuk menghindari bakteri.

    Cara paling aman untuk membersihkan adalah dengan menggunakan paper towel karena sekali pakai dan langsung dibuang. Jika ingin lebih ramah lingkungan, gunakan kain lap mikrofiber yang bisa dicuci kembali.

    2. Membersihkan debu 

    Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah
    Semprotan debu dulunya adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan debu dari permukaan, tetapi cara tersebut hanya dapat merusak dan meninggalkan residu pada furnitur Anda.

    Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kain untuk menyeka debu dan kotoran dari furnitur Anda. Tidak perlu menggunakan produk lain. 

    3. Mengepel lantai 

    Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah
    Mengepel lantai dengan kain pel, seember air, dan larutan pembersih adalah satu-satunya cara untuk membersihkan lantai. 

    Nyatanya penggunaan produk pembersih yang salah justru merusak lantau dan mengubah warnanya. Mengepel juga menyisakan banyak air dan produk pembersih di lantai sehingga repot jika harus dibersihkan.

    Sebagai gantinya gunakan kain mikrofiber dan larutan pembersih. Untuk lantai kayu, gunakan pembersih lantai khusus kemudian lap dengan kain mikrofiber.

    Untuk lantai ubin, gunakan uap. Anda bahkan tidak memerlukan larutan pembersih apa pun untuk membuat lantai Anda sangat bersih. Pel uap akan membuat lantai Anda bebas goresan dan berkilau.

    4. Gunakan pembersih kimia untuk menggosok bak mandi
     Stop, 5 Kebiasaan Bersihkan Rumah Ini Justru Salah

    Menggunakan pembersih berbahan kimia mungkin lebih efektif membersihkan bak mandi, namun pikirkan efeknya. Sisa residu dari pembersih yang tak larut akan mengendap pada bak mandi di rumah Anda.

    Anda bisa menggunakan pembersih dari bahan-bahan alami, seperti penggunaan soda dan lemon. Caranya, campurkan satu cangkir soda kue dan 15 sampai 20 tetes minyak esensial lemon ke dalam wadah. 

    Gosok bak mandi dengan campuran dua bahan tersebut secara merata, kemudian gosok menggunakan lap atau spons dengan memutar. Setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

    5. Rendam panci dan wajan gosong semalaman

    Banyak orang merendam panci serta wajan gosong dengan air panas dan sabun cuci piring semalaman. Nyatanya, cara tersebut kurang efektif lho.

    Anda bisa membuat bahan yang sama untuk membersihkan bak mandi, yakni soda kue dan campuran lemon. Gosokkan pada bagian yang kotor kemudian cuci hingga bersih, bilas dan keringkan.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id