comscore

7 Makna Dekorasi Imlek, Usir Nasib Buruk hingga Membawa Keberuntungan

Rizkie Fauzian - 28 Januari 2022 10:59 WIB
7 Makna Dekorasi Imlek, Usir Nasib Buruk hingga Membawa Keberuntungan
Dekorasi Imlek yang dipercaya membawa keberuntungan. Foto: AFP
Jakarta: Menjelang Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa biasanya menghiasi rumah dengan beragam dekorasi khas berwarna merah. Tak  sekadar selebrasi, tahun baru biasanya diikuti dengan rangkaian peribadatan. 

Perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 disebut sebagai Tahun untuk Shio Macan Air. Biasanya banyak dekorasi yang menggunakan gambar macam sebagai hiasannya.
Dekorasi saat Imlek bukan sekadar hiasan, ada makna dibalik gambar, warna hingga tulisan. Berikut ini dekorasi Imlek yang dipercaya membawa keberuntungan.

1. Lampion

Lampion merah menyemarakkan berbagai festival, slama tahun baru, lentera banyak digantung di pepohonan jalan, gedung perkantoran dan pintu masuk rumah. Diyakini lentera bisa mengusir nasib buruk.

2. Kuplet pintu

Selembar kertas yang disebut (duìlián) dan ditempel di pintu. Tulisan dalam kertas tersebut biasanya berupa harapan atau doa. Bisa juga berupa puisi-puisi musim semi mengenai kebahagiaan.

3. Tulisan Fu terbalik 

Situs chinahighlights.com menyebut bahwa Fu berarti bahagia. Tulisan Fu memiliki harapan untuk hidup bahagia di tahun yang baru.
 
Ada juga yang menempelkan huruf "Fu" secara terbalik dan dibaca Dao yang memiliki nada yang sama dengan Dao yang artinya adalah "tiba". Warga Tionghoa mengartikannya sebagai tibanya kebahagian di tahun baru.

4. Hiasan dari kertas

Hiasan dari kertas berwarna merah dan ditempelkan di pintu atau jendela ketika menjelang imlek. Di kertas tersebut dituliskan harapan keberuntungan dan kebahagiaan. Banyak juga dibentuk tertentu yang melambangkan harapan masing-masing.
 
Misalnya buah persik lambang umur panjang, delima lambang kesuburan, bebek lambang cinta, dan pohon pinus melambangkan awet muda. Sementara burung murai yang bertengger di cabang pohon lambang harapan permohonan segera terwujud.

5. Lukisan tahun baru

Lukisan tahun baru yang ditempel di pintu dan dinding selama perayaan merupakan tradisi Imlek dan juga simbol salam Tahun Baru China. Gambar yang ada di lukisan tersebut biasanya adalah tokoh-tokoh legendaris yang dipercaya memberikan keberuntungan dan kebahagiaan.

6. Pohon kumquat

Di dalam bahasa Kanton, kumquat disebut gam gat sue. Kata gam adalah kata Kanton untuk "emas", dan kata gat terdengar seperti kata Kanton yang memiliki arti "keberuntungan". Sedangkan dalam bahasa Mandarin, kumquat disebut Jinju shu.
 
Oleh karena itu, memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan keinginan untuk bisa mendapatkan kekayaan dan keberuntungan.

7. Bunga mekar

Tahun Baru China juga disebut sebagai Festival Musim Semi, sebab menandai datangnya awal musim semi. Ada sebuah tradisi untuk menghias rumah dengan bunga bermekaran yang melambangkan kedatangan musim semi dan keinginan untuk tahun baru yang sejahtera.
 
Tanaman tradisional yang paling populer untuk digunakan adalah cabang bunga plum, anggrek, peony dan bunga-bunga persik.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id