KPR Hijau dan Konvensional, Apa Bedanya?

    Antara - 15 September 2021 12:59 WIB
    KPR Hijau dan Konvensional, Apa Bedanya?
    Perbedaan KPR hijau dan konvensional. Ilustrasi: Shutterstock



    Jakarta: Gaya hidup ramah lingkungan belakangan ini menjadi salah satu topik sorotan. Menariknya, hal tersebut sudah mulai merambah ke sektor keuangan yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hijau.

    Banyak pihak berupaya untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan melalui prasarana di dalam rumah ataupun kompleks perumahan sekitar.

     



    Salah satu kepedulian lingkungan yang dapat diwujudkan adalah dengan pemilihan rumah yang ramah lingkungan alias eco friendly. Lalu, apa perbedaan utama dari KPR hijau dengan KPR biasa?

    Customer Solutions Retail Loan Division Head Bank OCBC NISP Rudy Sutjiawan mengungkapkan perbedaan yang paling mendasar adalah dari sisi pengembang properti tersebut.

    "Dengan KPR hijau, dapat dipastikan bahwa properti yang dibeli nasabah merupakan aset yang memiliki sertifikasi ramah lingkungan dari lembaga sertifikasi internasional," ucapnya dalam keterangan tertulis, 15 September 2021.

    Pengembang properti tersebut juga termasuk yang memiliki penghematan energi 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan properti pada umumnya.

    Selain itu, setidaknya, ada beberapa faktor yang dapat menjadikan rumah menjadi rumah yang berwawasan lingkungan atau ramah lingkungan, antara lain pengunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan atau bukan perusak ozon serta efisiensi penggunaan energi listrik dan penghematan air.

    Kemudian, adanya area hijau atau ruang terbuka hijau dan pengolahan sampah atau limbah yang ramah lingkungan.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id