comscore

Gedung dengan Sertifikat Green Bulding Memiliki Harga Jual Lebih Tinggi

Rizkie Fauzian - 22 Oktober 2021 09:55 WIB
Gedung dengan Sertifikat <i>Green Bulding</i> Memiliki Harga Jual Lebih Tinggi
Sertifikat green building pengaruhi harga jual gedung. Ilustrasi: Shutterstock
Jakarta: Penerapan konsep ramah lingkungan terus berkembang dan tumbuh, bahkan pada pembangunan gedung. Tak hanya penting untuk menanggapi perubahan iklim, gedung dengan sertifikat green building nyatanya mempengaruhi harga jual.

Berdasarkan riset Knight Frank ditemukan adanya kontribusi dari penilaian gedung hijau pada harga penjualan. Hal tersebut dibuktikan pada perkantoran di kota London, Inggris.
Gedung-gedung perkantoran premium di pusat kota London yang memiliki sertifikasi green building BREEAM dengan rating excellent dapat menikmati premi 10,5 persen dari harga jual.

Sementara yang memiliki rating very good dapat menikmati premi 10,1 persen dibandingkan dengan gedung lain tanpa rating. 

Gedung perkantoran di Melbourne dan Sydney yang bersertifikat NABERS dengan rating 5+ mendapatkan premi 17,9 persen. Sedangkan gedung dengan rating lebih rendah mendapatkan premi 8,3 persen.

Kota terhijau di dunia

Laporan Knight Frank mengidentifikasi bahwa London, Shanghai, New York, Paris, dan Washington DC merupakan lima besar kota terhijau di dunia. 

Hasil ini berdasarkan beberapa penilaian terhadap fasilitas yang dimiliki kota tersebut seperti jaringan transportasi umum yang memadai, area hijau terbuka, dan juga banyaknya jumlah gedung bersertifikat hijau. 

Lima kota tersebut juga tercatat memiliki universitas dengan standar United Nations Sustainable Development Goal 11, yang mengutamakan pentingnya penelitian terhadap keberlanjutan pembangunan kota dan komunitas.

Walaupun kota-kota tersebut telah menerapkan berbagai langkah dalam mendukung pengurangan karbon, tak satupun dari kota tersebut kebal terhadap krisis iklim. 

Tidak ada satu kota pun dari total sebanyak 286 kota memiliki skor survey di atas enam untuk dapat bertahan dalam menghadapi krisis iklim, seperti cuaca ekstrim.


(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id