Potensi Bisnis Properti di Kawasan Timur Jakarta

    Rizkie Fauzian - 14 Januari 2020 10:53 WIB
    Potensi Bisnis Properti di Kawasan Timur Jakarta
    Kawasan timur Jakarta dinilai memiliki potensi bisnis properti yang tinggi. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pasar properti di koridor timur dinilai memiliki potensi besar tahun ini. Terdapat beberapa keunggulan, baik dari segi infrastruktur hingga harga lahan yang masih murah.

    "Keunggulannya baik dari segi infrastruktur, basis ekonomi industri yang kuat, serta harga tanah yang relatif lebih murah dari koridor barat Jakarta," kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda.

    Ali menjelaskan, dilihat dari segi infrastruktur saat ini setidaknya beberapa proyek seperti jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Toll, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, Bandara Karawang hingga rencana MRT Tahap III Balaraja-Cikarang.

    Selain itu, koridor timur juga memiliki basis ekonomi industri yang kuat melalui keberadaan berbagai kawasan industri. Bahkan Cikarang tercatat menyumbangkan 34,45 persen Penanaman Modal Asing Nasional serta volume ekspor nasional hingga 45 persen.

    Selanjutnya, keunggulan lainnya yakni harga tanah yang lebih murah  berkisar antara Rp5 juta sampai Rp12 juta per meter persegi dibandingkan kawasan barat yang mencapai kisaran Rp9 juta sampai Rp17 juta per meter persegi. Perbedaan harga ini terjadi karena koridor barat sudah berkembang lebih awal dibandingkan wilayah timur. 

    "Harga tanah yang murah, serta potensi bidang infrastruktur dan basis ekonomi industri bahkan tidak dimiliki di wilayah lain bahkan koridor Barat," jelasnya. 

    Selain itu, transformasi kota juga dapat mendukung mengatasi permasalahan lesunya pasar properti di Koridor Timur Jakarta. Pembangunan yang semakin lengkap seperti sekolah dan pusat perbelanjaan dapat meningkatkan daya tarik di koridor timur.




    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id