BTN Bidik Kuasai Pasar KPR se-Asia Tenggara

    Husen Miftahudin - 23 Oktober 2020 12:02 WIB
    BTN Bidik Kuasai Pasar KPR se-Asia Tenggara
    BTN bidik kawasan Asia Tenggara pasarkan KPR. Foto: Shutterstock
    Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (BTN) tengah membidik untuk menjadi bank pembiayaan perumahan terbaik (best mortgage) di kawasan Asia Tenggara. Untuk mencapai target ini, perusahaan terus meningkatkan penyaluran pembiayaan tiap tahunnya hingga maksimal mencapai 300 ribu debitur per tahun.

    Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan sejumlah strategi menuju posisi tersebut. Di antaranya dengan melipatgandakan perolehan dana murah serta membuat akses pemilikan rumah menjadi lebih mudah. Perseroan juga akan menyediakan berbagai fasilitas perbankan dan investasi bagi semua nasabahnya.

    "Sampai 2025 mau jadi the best mortgage bank di Asia Tenggara. Kita fokus bagaimana masyarakat Indonesia punya rumah. Per tahunnya kita estimasi nanti BTN akan melakukan pembiayaan rumah antara 200 ribu sampai dengan 300 ribu nasabah," ujar Pahala dalam konferensi pers Paparan Kinerja BTN Kuartal III-2020 secara virtual di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Pada tahap awal, BTN akan melakukan pembiayaan pada 200 ribu nasabah. Harapannya, semakin lama akan semakin banyak peminatnya hingga mencapai 300 ribu nasabah per tahun.

    "Dari posisi saat ini 200 ribu terus meningkat jadi 300 ribu per tahun nantinya. Dan total orang yang dapat pendanaan yang bisa kita biayai yang punya perumahan 1,5 juta orang," urai dia.

    BTN juga akan membangun portofolio berkualitas dengan tingkat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) rendah yang sejalan dengan prinsip bisnis berkelanjutan.

    "Dengan menjadi yang terbaik, kami pun akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia terutama dalam hal penyediaan rumah yang terjangkau," tegas Pahala.

    Hingga akhir kuartal III-2020, BTN telah menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp254,91 triliun. Penopang utama penyaluran kredit tersebut berasal dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi senilai Rp116,32 triliun atau naik 4,19 persen dari Rp111,64 triliun.

    Perseroan juga telah menyalurkan KPR nonsubsidi senilai Rp80,18 triliun pada kuartal III-2020. Dengan nilai tersebut, perseroan secara total telah menyalurkan KPR sebesar Rp196,51 triliun atau naik 1,39 persen dari Rp193,8 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

    Selain itu, BTN telah menyalurkan kredit dan pembiayaan segmen perumahan sebesar Rp231,34 triliun pada kuartal III-2020. Pada segmen kredit non perumahan, BTN mencatatkan pemberian kredit senilai Rp23,57 triliun.

    "Dengan kinerja tersebut, perseroan mencatatkan posisi aset sebesar Rp356,97 triliun atau naik 12,89 persen (yoy) dari Rp316,21 triliun pada kuartal III-2019," pungkas Pahala.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id