Dewan Arsitek Indonesia Resmi Dikukuhkan

    Rizkie Fauzian - 03 Desember 2020 18:57 WIB
    Dewan Arsitek Indonesia Resmi Dikukuhkan
    Menteri PUPR kukuhkan Dewan Arsitek Indonesia. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengukuhkan sembilan Dewan Arsitek Indonesia (DAI). Pembentukan DAI merupakan amanah Undang-undang No.6 Tahun 2017 tentang Arsitek yang kemudian diperkuat di dalam Undang-undang No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

    Menurut Basuki, DAI akan memiliki tugas dan fungsi membantu pemerintah pusat dalam melakukan pembinaan profesi arsitek di tanah air, termasuk di dalamnya menetapkan kebijakan pengembangan profesi arsitek dan praktik arsitek.

    Selain itu, DAI juga melakukan pemberdayaan Arsitek dan melakukan pengawasan terhadap kepatuhan Arsitek dalam pelaksanaan peraturan dan standar penataan bangunan dan lingkungan.

    Dengan demikian kehadiran DAI akan memberikan perlindungan kepada profesi Arsitek dan publik sebagai pengguna jasa Arsitek, yang dapat berakibat kepada tumbuh kepercayaan
    berinvestasi kepada Arsitek Indonesia.

    "Kehadiran DAI yang sudah lama dinantikan, diharapkan menjadi stimulus atas semakin tumbuh dan berkembangnya profesi Arsitek di Indonesia," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Desember 2020.

    Namun tidak hanya itu, dalam lingkup regional dan internasional, baik dalam kerangka ASEAN MRA atau praktik profesional lintas batas lainnya, kehadiran Dewan Arsitek Indonesia juga diharapkan menjadi langkah untuk menjadikan Arsitek Indonesia yang berintegritas dan berdaya saing tinggi yang pada akhirnya akan membuahkan hasil atas kemajuan peradaban Indonesia

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id