Sri Mulyani Teken Aturan Subsidi KPR untuk Debitur

    Eko Nordiansyah - 02 Oktober 2020 11:36 WIB
    Sri Mulyani Teken Aturan Subsidi KPR untuk Debitur
    Pemberian subsidi bunga atau subsidi margin untuk debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Foto: Shutterstock
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerbitkan aturan mengenai pemberian subsidi bunga atau subsidi margin untuk debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

    Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 138 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

    Dilansir Medcom.id, Jumat, 2 Oktober 2020, ada sejumlah debitur yang berhak mendapat subsidi bunga/subsidi margin. Dalam Pasal 7 Ayat 4 disebutkan debitur KPR dan KKB termasuk dalam penerima subsidi bunga/subsidi margin.

    Untuk debitur KPR, yang berhak mendapatkan subsidi bunga/subsidi margin dibatasi sampai dengan tipe 70. Sementara debitur KKB yang berhak adalah untuk kendaraan yang digunakan sebagai usaha produktif, termasuk ojek dan/atau usaha informal.

    Adapun besaran subsidi bunga yang diberikan adalah enam persen selama tiga bulan pertama dan tiga persen selama tiga bulan berikutnya efektif per tahun atau disesuaikan dengan suku bunga yang setara untuk KPR maupun KKB yang memiliki kredit di bawah Rp500 juta.

    Kemudian untuk kredit antara Rp500 juta hingga Rp10 miliar akan mendapatkan subsidi bunga tiga persen selama tiga bulan pertama dan dua persen selama tiga bulan berikutnya efektif per tahun atau disesuaikan dengan suku bunga yang setara.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id