Istora Senayan

    Wajah Segar Istora Senayan

    Rizkie Fauzian - 24 Januari 2018 08:19 WIB
    Wajah Segar Istora Senayan
    Setelah diresmikan Presiden Jokowi, di Istora Senayan Jakarta langsung digelar turnamen Indonesia Masters 2018 pada 23 - 28 Januari 2018 yang diikuti 20 negara. Antara Foto/Galih Pradipta
    Jakarta: Selesai sudah proyek renovasi Istana Olahraga (Istora), Senayan, Jakarta. Bangunan di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK) tersebut siap menjadi arena laga bulutangkis untuk Asian Games 2018.

    Peresmian penggunaannya dilakukan Presiden Joko Widodo, Selasa (23/1/2018) malam. Selain beberapa orang menteri, acara peresmian dihadiri beberapa legenda bulutangkis Indonesia yang semua memiliki kenangan indah tentang Istora dalam kariernya.
     
    Sama seperti bangunan lainnya di Kompleks GBK, Istora Senayan merupakan cagar budaya harus dipertahankan fasad aslinya. Arsitektur yang dipercaya menangani renovasi Istora adalah Boy Bhirawa, arsitek penerima Penghargaan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) 2017 kategori bangunan bangunan konservasi.

    Fasilitas baru

    Gedung olahraga yang dibangun pada 24 Agustus 1962 ini berhadapan dengan Stadion Aquatic. Posisi dua bangunan tersebut mengapit koridor timur, seperti penjaga Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

    Bangku di Istora juga diubah dengan lebih modern menjadi single seat foldabel. Pemasangan kursi ini menyebabkan kapasitas maksima penonton berkurang dari 10 ribu menjadi 9.500 orang.

    Wajah Segar Istora Senayan

    Modernisasi juga bisa dilihat dari penggunaan cahaya yang menggunakan standar internasional. Standar yang dberlakukan oleh Badminton World Federation (BWF) adalah 1.500 hingga 3.000 lux. Lampu arena berkekuatan 60.400 watt dipasang pada atap setinggi 17 meter dari lantai.

    Pendingin ruangan juga memperhatikan pengguna gedung terutama atlet.  Jika sebelumnya pendingin dilakukan secara portable, kali ini dilakukan dengan central. Hal tersebut menjadi salah satu perhitungan karena dalam bulutangkis turbulensi dari AC sangat berpengaruh terhadap arah jatuhnya shuttlecock.

    Untuk arena, lapisan bawahnya menggunakan lantai kayu sunkai ukuran 25x50 m. Fasilitas lainnya seperti ruang VIP, ruang ganti pemain, ruang kesehatan, dan lainnya telah tersedia. Selain itu ada ruangan multifungsi yang dapat dipakai untuk seminar dan rapat.




     

    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id