Pengusaha Muda Ini Tawarkan Rumah Murah untuk Milenial

    Anggi Tondi Martaon - 02 April 2019 19:00 WIB
    Pengusaha Muda Ini Tawarkan Rumah Murah untuk Milenial
    PT Muda Developer Indonesia (MDI) menawarkan rumah murah untuk milenial mulai Rp130 juta (Foto:Dok.PT MDI)
    Jakarta: Banyak orang sulit memilliki rumah karena harganya yang relatif mahal. Tak terkecuali kaum milenial. Bahkan, dalam sebuah survei baru-baru ini memperlihatkan peminat rumah mayoritas berusia muda.

    Berdasarkan survei yang dilakukan Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018, 63 persen berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Dari keseluruhan responden tersebut, 44 persen merupakan kelompok usia 21-29 tahun. Sementara, 35 persen berumur 30-39 tahun.

    Situasi itu disambut baik oleh developer, salah satunya PT Muda Developer Indonesia (MDI). 

    Survei tersebut, menurut Direktur Utama PT Muda Developer Indonesia (MDI) Ikra Zama Dinnata, membuktikan bahwa persepsi kaum milenial mulai berubah. Dahulu, rumah bukan menjadi prioritas utama mereka.

    "Saya merasakan langsung salah satu problem utama kaum milenial adalah mempunyai rumah. Terkadang, gaya hidup membuat rumah bukan menjadi prioritas utama," ucap Ikra, kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

    Ada beberapa kendala yang membuat kaum milenial sulit mewujudkan mimpi memiliki rumah. Di antaranya harga dan jarak dengan tempat aktivitas sehari-hari.

    Seperti diketahui, harga properti di pusat kota bernilai tinggi. Sebut saja, Jakarta. Harga tanah mencapai jutaan rupiah per meter.

    Pengusaha Muda Ini Tawarkan Rumah Murah untuk Milenial 
    PT MDI menggarap proyek perumahan untuk kalangan milenial di Rangkasbitung (Foto:Dok)

    "Memang, Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian. Harga tanahnya terlampau tinggi," katanya.

    Konsumen pun tentunya harus memilih salah satu kendala untuk diselesaikan. Mayoritas masyarakat mengorbankan jarak agar bisa membeli rumah dengan harga murah. 

    "Orang beralih mengambil rumah di pinggiran kota. Bekasi, Cikarang, dan paling utama adalah Banten," kata Ikra.

    Oleh karena itu, tak mengherankan para developer berlomba-lomba membangun perumahan di daerah penyangga Ibu Kota. 

    Berbeda halnya dengan PT MDI yang menggarap proyek perumahan di Rangkasbitung. Proyek perumahan tersebut akan membidik kalangan milenial.

    "Proyek pertama kami ada di Rangkasbitung, tepatnya di Desa Margajaya, Lebak, Banten," kata Ikra. 

    Pengusaha Muda Ini Tawarkan Rumah Murah untuk Milenial 
    Tahap pertama sudah dimulai dan ditargetkan selesai pada Agustus 2019 (Foto:Dok)

    PT MDI sedang membangun perumahan murah di Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Banten. Tahap pertama sudah dimulai dan ditargetkan selesai pada Agustus 2019.

    Ikra menyebutkan, alasan pihaknya fokus mengembangkan bisnis properti di Rangkasbitung karena daerah tersebut tengah berkembang. 

    "Saya melihat di situ masih potensial dan didukung oleh pemerintah daerah yang mendukung adanya investasi, akan membuat daerah tersebut menjadi maju," ujar dia.

    Saat ditanya apakah jaraknya tidak terlalu jauh dengan Jakarta? Ikra menjawab, tidak. Mengingat, sudah didukung oleh moda transportasi umum yaitu Kereta Rel Listrik (KRL) Jakarta-Rangkasbitung.

    "Saya juga sempat menanyakan kepada penumpang (KRL). Cukup banyak pekerja dari Rangkasbitung bekerja di wilayah Kuningan dan Sudirman, Jakarta. Lewat Rangkasbitung masuk ke Tanah Abang dulu, baru melanjutkan perjalanan," katanya.

    Terlebih, lokasi perumahan yang dikembangkan PT MDI relatif dekat dengan Stasiun Rangkasbitung. Waktu tempuh hanya 10 menit dari komplek perumahan menuju stasiun.

    "Posisi perumahan di Jalan Leuwidamar, Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Banten. Itu jalan provinsi yang menghubungkan antara Rangkasbitung ke Baduy luar dalam," ujar dia.

    Oleh karena itu, Ikra yakin mengembangkan usaha properti di Rangkasbitung. Sebab, potensi menjadi kawasan maju terbuka luas. Terlebih, pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah tersebut cukup masif, salah satunya proyek Tol Serang-Panimbangan yang diprediksi rampung pada 2021.

    Pengusaha Muda Ini Tawarkan Rumah Murah untuk Milenial 
    Perumahan  didukung oleh moda transportasi umum KRL Jakarta-Rangkasbitung (Foto:Dok)

    "Ketika nanti daerah itu akan masuk tol Serang-Panimbang pada akhir 2021, nilai investasi di sana akan meningkat. Otomatis harga rumah semakin tinggi," katanya.

    Oleh karena itu, Ikra menilai ini kesempatan emas bagi kaum milenial untuk memeroleh rumah dengan harga terjangkau. PT MDI menawarkan unit rumah tipe 30/60 dengan harga Rp130 juta, dengan cicilan berkisar Rp800 ribu hingga Rp1 jutaan.

    Keunggulan lain yang ditawarkan yaitu down payment (DP) nol persen. Calon pembeli cukup membayar booking fee Rp500 ribu dan memenuhi syarat yang ditentukan.

    "Pelan-pelan, kita ingin menawarkan unit kita. Perumahan bersubsidi ini perumahan yang menjanjikan dari segi harga dan investasi," ujar Ikra.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id