2018, Penjualan Apartemen Lesu

    Rizkie Fauzian - 21 Desember 2018 15:15 WIB
    2018, Penjualan Apartemen Lesu
    Dereten gedung apartemen di salah satu sudut Jakarta. Jumlah unit apartemen yang terjual pada sepanjang 2018 adalah terendah dalam 10 tahun terakhir.Antara Foto/Galih Pradipta
    Jakarta: Penjualan apartemen di Jakarta pada sepanjang 20188 menunjukkan kelesuan luar biasa. Sedemikian lesu sehingga bisa disebut sebagai terendah dalam 10 tahun terakhir.

    Penurunan tersebut karena lesunya pasar beberapa tahun terakhir sehingga pasokan pun harus dikurangi. Bila tahun lalu peluncurkan apartemen baru mencapai 6700 unit, hingga September tahun ini hanya empat ribu unit.

    "Dari empat ribu hanya dua ribu yang terjual," ungkap Head of Research Savills Indonesia, Anton Sitorus, di Panin Tower, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

    "Pasokan berkurang, harga juga mahal. Di dalam kota harganya sudah mahal jadi penjualan juga terbatas," jelasnya dalam paparan hasil survey tentang tren pusat perbelanjaan di Jakarta akibat perubahan pola daya beli konsumen.

    Untuk proyek baru diluncurkan, paling banyak penyerapannya berasal dari segmen menengah yang mencapai 80 persen. Paling rendah penjualannya adalah segmen mewah.

    "Penyerapan rendah karena memang pasokan apartemen highend yang juga tidak banyak hanya sekitar 2 persen hingga 3 persen dari total keseluruhan pasar," papar Anton.

     



    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id