Ruang Perkantoran Beralih Fungsi di Masa Pandemi

    Antara - 20 Agustus 2020 16:53 WIB
    Ruang Perkantoran Beralih Fungsi di Masa Pandemi
    Banyak ruang perkantoran yang mengubah model bisnisnya di masa pandemi. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Banyak perusahaan, baik pemilik atau penyewa ruang perkantoran yang mengubah model bisnisnya di masa pandemi covid-19. Hal ini tentu berdampak pada kinerja perkantoran.

    "Karena pandemi, banyak perusahaan tidak bisa kembali kepada model bisnis mereka sebelumnya," kata Kepala Riset Colliers International Indonesia Ferry Salanto dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Agustus 2020.






    Ferry berpendapat bahwa sistem model bisnis baru itu biasanya menggabungkan perkantoran dengan kerja jarak jauh. Dengan demikian, maka sistem seperti bekerja dari rumah diperkirakan bakal semakin lazim dijalankan.

    Menurut dia, dengan tarif sewa dan okupansi atau tingkat keterhunian yang diperkirakan terus menurun untuk properti perkantoran, maka pihak penyewa seharusnya mendapatkan manfaat.

    Ferry menambahkan meski permintaan terhadap properti perkantoran berada dalam tekanan, tetapi diperkirakan akan naik kembali secara gradual.

    "Pasar perkantoran negara-negara Asia Pasifik berada dalam tekanan akibat permintaan yang stagnan dan pasokan yang telah lama direncanakan," ucap Direktur Eksekutif Riset Colliers International Asia Andrew Haskins.

    Berdasarkan data Colliers di 19 negara Asia-Pasifik, ditemukan bahwa terdapat rata-rata penurunan penyerapan ruang perkantoran hingga 56 persen pada kuartal II-2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

    Andrew Haskins memperkirakan bahwa sepanjang 2020 di kawasan Asia-Pasifik akan dapat terdapat penurunan hingga 41 persen dibandingkan dengan penyerapan tahun sebelumnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id