Mau Rumahnya Diperbaiki Pemerintah, Begini Syaratnya

    Rizkie Fauzian - 01 April 2021 20:26 WIB
    Mau Rumahnya Diperbaiki Pemerintah, Begini Syaratnya
    Besaran bantuan yang diberikan pemerintah untuk setiap rumah berbeda. Foto: MI



    Jakarta: Pemerintah memiliki Program Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah untuk memperbaiki kualitas rumah masyarakat di seluruh wilayah. 

    Perbaikan rumah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dibagi menjadi dua bagian, yakni peningkatan kualitas rumah dan pembangunan rumah baru.






    Besaran bantuan yang diberikan Kementerian PUPR untuk setiap rumah juga berbeda. Untuk peningkatan kualitas rumah Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS).

    Sedangkan untuk PKRS daerah provinsi bantuan yang diberikan yakni bahan bangunan sebesar Rp15 juta dan upah kerja Rp2,5 juta.
     
    Sementara itu, bantuan di pulau kecil, pegunungan di Provinsi Papua dan Papua Barat sebesar Rp30 juta untuk bahan bangunan dan Rp5 juta untuk upah kerja.
     
    Kemudian untuk Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS) untuk semua daerah mendapat bantuan Rp30 juta untuk bahan bangunan dan Rp5 juta untuk upah kerja.

    Pengusulan calon penerima BSPS dilakukan oleh Pemda Kabupaten/Kota dengan melampirkan lokasi (nama desa/kelurahan yang dilengkapi dengan jumlah rumah tidak layak huni dan jumlah kebutuhan kekurangan rumah di lokasi tersebut. Adapun kriteria calon penerima BSPS antara lain.

    1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berkeluarga.

    2. Memiliki atau menguasai tanah (dikuasai secara fisik dan memiliki legalitas), tanah tidak dalam sengketa dan lokasi tanah sesuai tata ruang wilayah.

    3. Belum memiliki rumah, atau menempati rumah satu-satunya dengan kondisi tidak layak huni.

    4. Belum pernah memperoleh BSPS dari pemerintah pusat.

    5. Penghasilan paling banyak senilai upah minimum provinsi setempat, diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun atau meningkatkan kualitas rumahnya.

    Bila masyarakat memenuhi kriteria di atas silahkan melapor kepada desa/kelurahan setempat untuk dicatat atau diusulkan kepada dinas perumahan kabupaten/kota. Dinas perumahan akan merekap usulan atau hasil pendataan dari tiap desa/kelurahan untuk diusulkan kepada Kementerian PUPR.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id