400 Rumah Tak Layak Huni Dapat Bantuan Rp8 Miliar

    Rizkie Fauzian - 11 Juni 2021 22:24 WIB
    400 Rumah Tak Layak Huni Dapat Bantuan Rp8 Miliar
    Proses perbaikan rumah yang dilakukan di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR



    Kabupaten Samosir: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Bank Mandiri menyalurkan bantuan untuk program bedah rumah di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Total dana yang disalurkan capai Rp8 miliar.

    Melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera II Direktorat Jenderal Perumahan, pemerintah menyerahkan bantuan kepada 400 warga melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2021.

     



    "Melalui penyaluran bantuan Program BSPS ini kami ingin meningkatkan kualitas RTLH agar lebih layak huni, sehat dan nyaman bagi masyarakat," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Juni 2021.

    Khalawi menerangkan, program BSPS pada dasarnya merupakan bantuan stimulan dari pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat agar mereka bisa berswadaya dalam membangun rumahnya. Proses pembangunannya dilaksanakan secara berkelompok dan merata di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

    "Nantinya warga penerima bantuan program BSPS dibentuk kelompok-kelompok dengan pendampingan dari Tenaga Ahli Program BSPS sehingga mereka saling bantu membantu dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan," jelasnya.

    Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatra II Rusli menjelaskan, tahun ini pelaksanaan program BSPS dilaksanakan di empat kecamatan dan 11 desa.  

    Masing-masing penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang melalui dua tahapan. 

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id