APBN Bantu Masyarakat Miliki Rumah dengan Harga Terjangkau

    Antara - 02 November 2021 20:39 WIB
    APBN Bantu Masyarakat Miliki Rumah dengan Harga Terjangkau
    Rumah subsidi yang dibangun kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR



    Pekanbaru: Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan APBN membantu menyediakan perumahan dengan harga terjangkau bagi masyarakat melalui pemberian subsidi.

    "APBN itu anggaran yang sumber penerimaannya uang rakyat, maka APBN juga digunakan kembali kepada masyarakat lewat berbagai macam cara termasuk lewat subsidi," ujarnya usai meninjau perumahan subsidi di Kabupaten Kampar, Riau, Selasa, 2 November 2021.

     



    Wamenkeu mencontohkan perumahan bersubsidi yang ada di Kabupaten Kampar Riau. Perumahan dengan luas 3,3 hektare tersebut dibangun oleh pengembang yang mendapat fasilitas kredit dari Bank Tabungan Negara (BTN) yang memiliki pendanaan dari dana pihak ketiga serta Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). Kemudian uang PPDPP berasal APBN dan uang investor dari pasar modal.

    Melalui perumahan bersubsidi, lanjut dia, pihak perbankan memberikan bunga kredit murah kepada masyarakat yakni hanya 5 persen. Namun guna menjaga kinerja perbankan yang memberikan kredit perumahan tetap sehat, sisa bunga kredit dibayarkan pemerintah melalui dana APBN.

    "Jadi semua senang, masyarakat senang karena bisa mendapat kredit yang bunganya murah, BTN senang karena bisa punya bisnis memberikan kredit, developer senang karena bisa punya bisnis membangun rumah, negara juga senang kalau masyarakat bisa memiliki rumah sendiri," ujar Suahasil.

    Ia menjelaskan agar pembiayaan subsidi tidak memberatkan APBN, maka pembiayaan dikombinasikan dengan uang dari berbagai macam sumber yang lain, seperti pasar modal.

    Tak hanya itu untuk pembangunan jalan di perumahan subsidi di Kampar, Riau tersebut, pengembang bisa menagihkan biaya pembangunan kepada Kementerian PUPR.

    "Jadi APBN itu bisa memberikan bantuan lewat berbagai macam cara, khusus untuk rumah yang tadi kita lihat karena ini kategori rumah yang dibangun dengan subsidi, maka bebas pajak, tapi khusus untuk tahun ini juga APBN memberikan bebas pajak untuk pajak pertambahan nilai atas rumah-rumah yang dibangun pada tahun ini," katanya.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id