Penjualan Rumah di Atas Rp2 Miliar Naik Paling Tinggi

    Antara - 24 Agustus 2021 09:15 WIB
    Penjualan Rumah di Atas Rp2 Miliar Naik Paling Tinggi
    Rumah dengan harga di atas Rp2 miliar banyak dicari konsumen. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Pasar perumahan di kawasan Jabodetabek dan Banten menunjukkan pertumbuhan yang landai sejak akhir 2020. Namun, memasuki kuartal II-2021 mengalami kenaikan nilai penjualan hingga 24,4 persen.

    "Memasuki kuartal II-2021 pasar perumahan Jabodebek-Banten mengalami pertumbuhan nilai penjualan cukup tinggi sebesar 24,4 persen," ujar CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Agustus 2021.

     



    Ali mengatakan berdasarkan segmen harga rumah, penjualan untuk harga Rp500 jutaan terjadi penurunan tertinggi sebesar 24 persen. 

    Sebaliknya kenaikan terjadi di segmen harga Rp500 juta-Rp1 miliar sebesar 26,2 persen. Hal cukup mengejutkan adalah pertumbuhan penjualan rumah di segmen di atas Rp2 miliar yang mengalami kenaikan tertinggi 125 persen.

    Sedangkan komposisi penjualan rumah di Jabodebek-Banten masih didominasi oleh segmen harga Rp500 juta-Rp1 miliar sebesar 31,9 persen, diikuti segmen di bawah Rp300 jutaan sebesar 29,9 persen yang sebagian besar terdapat di Banten.

    Terjadi pergeseran yang cukup tinggi di segmen harga Rp300 juta–Rp500 jutaan dari 25,3 persen menjadi 16,7 persen. Sebaliknya peningkatan komposisi terjadi pada segmen harga di atas Rp2 miliar yang naik dari 1,3 persen menjadi 9,7 persen.

    "Pergeseran ini harusnya dapat menggambarkan apa yang sedang terjadi di pasar saat ini. Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, pasar menengah bawah diperkirakan akan terus tertekan bila kondisi tidak juga membaik. Di sisi lain pasar menengah sampai atas terlihat relatif masih menyimpan daya beli," kata Ali.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id